AHA dan BHA, Mana yang Kamu Butuhkan?

Kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA)  kerap ditemukan dalam beberapa skincare, seperti cleansing face, toner, moisturizer, dan night cream. Bahan alami dalam AHA dan BHA juga memberi perubahan yang signifikan pada wajah. Nggak heran kalau kita tergiur untuk ikut membeli produk yang mengandung AHA atau BHA bahkan keduanya.

Nah, biar nggak salah memilih kandungan yang baik untuk kulitmu, berikut beberapa hal seputar AHA dan BHA yang perlu kamu pahami.

Apa persamaan AHA dan BHA?

AHA dan BHA merupakan senyawa asam yang dikategorikan efektif untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yakni mengangkat sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, meminimalisir garis halus, dan nggak menyumbat pori-pori.

Kalau kamu ingin memakai skincare yang mengandung AHA dan BHA, pastikan kamu sudah menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF karena asam dapat membuat kulit wajah lebih mudah terbakar.

Yang perlu kamu tahu tentang AHA …

Alpha Hydroxy Acid (AHA) mudah larut dalam air dan membantu eksfoliasi pada permukaan kulit wajah. Kandungan AHA tepat digunakan untuk jenis kulit normal, kering, dan kulit yang memasukin fase penuaan.

AHA bekerja efektif untuk mengeksfoliasi permukaan kulit dan melembapkan kulit dengan batas aman kandungan dalam skincare sebesar 5 – 10%. Agar hasilnya optimal, pastikan wajahmu sudah bersih, bebas minyak, dan tunggu hingga kering total sekitar 3 -5 menit untuk memaksimalkan eksfoliasi.

Umumnya AHA muncul dalam bentuk glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, dan citric acid.

  • Glycolic acid atau asam glikolat merupakan jenis AHA yang paling sering dijumpai dan terbuat dari sugarcane (tebu). Sifat antimikroba dalam glycolic dapat membantu mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya.
Rekomendasi Produk: The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution
  • Lactic acid atau asam laktat juga menjadi jenis AHA yang sering ditemukan dalam produk skincare. Berbeda dari jenis AHA lain yang umumnya berasal dari buah-buahan, Lactic terbentuk dari laktosa dalam susu. Lactic sendiri berfungsi untuk perawatan anti-aging.
  • Tartaric acid atau asam tartarat terbentuk dari ekstrak buah anggur yang membantu mengatasi kerusakan pada kulit wajah akibat sinar matahari dan jerawat.

Yang perlu kamu tahu tentang BHA …

Beta Hydroxy Acid (BHA) merupakan senyawa yang mudah larut dalam minyak sehingga cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.  BHA bersifat lebih mengeringkan dan nggak bisa melembapkan kulit.

Rekomendasi Produk: Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid

Kalau AHA hanya bekerja pada permukaan kulit, BHA mampu menembus lapisan kulit dan bekerja dari dalam kulitmu. Dengan kemampuan ini, BHA membantu mencegah minyak berlebih dan peradangan kulit, mengatasi jerawat, dan komedo.

Cara menggunakan produk BHA berbeda dengan AHA. Kamu bisa langsung menggunakan produk tanpa harus menungu kulit wajah kering karena BHA dapat larut dalam minyak.

Rekomendasi Produk: The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution

BHA juga dapat ditemukan dalam bentuk lain, seperti Salicylic acid atau asam salisilat yang terkandung dalam skincare dengan presentase 0,5 – 5%. Asam ini dikenal untuk mengatasi jerawat dan inflamasi.

AHA+BHA, aman kah?

Menurut penelitian Clinics in Dermatology pada 2009, pemakaian AHA dan BHA dalam waktu yang bersamaan bisa membantu kulit wajahmu terlihat penuh akibat peningkatan produksi kolagen. Dua eksfoliator ini kalau digunakan bersamaan bisa menyebabkan  kulit wajah kering dan iritasi.

Nah, kalau kamu masih ingin memakai keduanya bersamaan, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Gunakan AHA dan BHA secara bergantian pada hari yang sama. Kamu bisa gunakan produk BHA pada pagi hari dan AHA pada malam hari. Tips ini tepat untuk kamu yang mempunyai kulit berjerawat dengan tanda kerusakan akibat sinar matahari.
  • Alternatif lainnya, kamu bisa gunakan AHA dan BHA per minggu. Gunakan produk AHA selama satu minggu dan minggu selanjutnya dengan produk BHA.
  • Jangan menumpuk kedua kandungan ini dalam satu wajah. Kamu bisa siasati dengan menggunakannya di bagian wajah tertentu. Misalnya untuk kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi, kamu bisa gunakan AHA di area wajah yang kering dan BHA di area wajah yang berminyak.
Rekomendasi Produk: The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution

Sudahkah kamu memilih produk AHA atau BHA yang sesuai dengan jenis kulitmu? Jangan sampai salah pilih produk untuk kesehatan kulit wajahmu ya, Beauties!

Read more:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *