Begini Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan dua kondisi yang berbeda pada kulit wajah, dapat cenderung normal ke minyak maupun kering ke minyak. Karena kondisi yang berbeda di wajah yang sama, pemilik kulit kombinasi pun dibuat bingung dengan jenis skincare yang akan digunakan. PB akan bantu kamu, si pemilik kulit kombinasi mengenal dan memilih jenis skincare yang tepat untuk kulitmu.

What is combination skin?

Untuk mengetahui apakah kulitmu tergolong kombinasi atau tidak, kamu bisa mengikuti cara berikut. Bersihkan dan cuci wajahmu dengan facial wash, keringkan, dan diamkan selama 30 menit. Pastikan kamu nggak memakai skincare maupun makeup, ya. Kalau kamu mendapatkan sebagian wajahmu berminyak dan yang lainnya cenderung kering, hal ini menunjukkan kalau kamu memiliki kulit kombinasi.

Kulit kombinasi adalah kondisi di mana bagian wajah seperti dahi, hidung, dan dagu cenderung berminyak sementara bagian wajah lainnya normal ataupun kering.

How to treat combination skin

Ada beberapa  hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih produk skincare untuk kulit kombinasi. Misalnya, kamu harus menjauhi foaming cleanser yang dapat membuat kulit iritasi, heavy moisturizers yang menyumbat pori-pori, dan clay mask yang merusak kulit kering.

Untuk itu, kamu harus memilih gentle cleanser yang nggak membuat kulitmu iritasi, lightweight lotions, dan rich moisturizer agar kulitmu tetap lembap.

Rekomendasi produk: Kiehl’s Ultra Facial Cleanser 150ml

Kalau kamu masih baru dengan kulit kombinasimu, kamu bisa memulai simple skincare routine berikut.

  • Cleansing

Pilih pembersih atau sabun wajah yang lembut untuk wajahmu dan mampu mengurangi produksi minyak.

  • Toning

Kamu bisa gunakan hydrating toner dengan memulai pada area yang kering dulu, dilanjutkan pada area yang berminyak. Kalau kamu menggunakan exfoliating toner, lakukan dengan cara sebaliknya. Toner yang bebas alcohol akan lebih baik untuk kulit kombinasi karena mengurangi risiko kulit kering dan teriritasi.

Rekomendasi produk: Benton Aloe BHA Skin Toner 200ml
  • Pelembap

Skincare yang satu ini wajib banget kamu pakai biar kulit selalu lembap. Fungsi pelembap sendiri adalah menghidrasi kulit sehingga kadar minyak terkontrol dengan baik. Pilih jenis pelembap yang water base dan oil-free untuk kulit kombinasimu agar pori-porimu nggak tertutup. Kamu juga boleh loh mengombinasikan dua jenis pelembap yang berbeda untuk 2 area di wajahmu.

Rekomendasi produk: Kiehl’s Ultra Facial Cream
  • Masker wajah

Agar kulit kombinasimu makin ternutrisi, kamu bisa menambah perawatan dengan masker, nih. Kamu bisa gunakan cara multi-masking untuk wajahmu. Gunakan masker wajah khusus untuk kulit kering, sementara untuk wilayah T-Zone yangberminyak kamu bisa clay mask.

Rekomendasi produk: Haple Bentonite Clay Mask

Gel skincare for combination skin

Skincare bertekstur gel merupakan water-based sehingga kandungannya akan cepat melembapkan kulit wajah. Gel skincare ini juga akan membuat wajahmu tampak lebih segar, sehat, dan bebas minyak karena gel sendiri mengurangi minyak.

Saat musim panas atau di suhu udara yang panas, skincare bertekstur gel ini tepat digunakan karena gel memberi efek menenangkan dan menyegarkan saat dipakai.  Gel lebih mudah dan cepat menyerap dalam kulit sehingga kamu nggak perlu lama menunggu untuk melanjutkan ke step skincare berikutnya.

Rekomendasi produk: Dr.Jart+ Water Fuse Ultimate Hydro Gel

Eksfoliasi bisa kamu lakukan dengan peeling gel yang dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah. Pilih peeling gel mengandung anti-inflammatory, soothing ingredients, vitamin C dan E untuk membantu kulit wajahmu terlihat cerah dan lembap.

Memiliki kulit kombinasi menjadi sebuah keunikan ya, Beauties! Selain kondisi yang berbeda pada wajah yang sama, perawatannya pun dapat dikombinasikan. Jangan sampai salah pilih produk skincare untuk kulit kombinasimu, Beauties.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *