Basic Skincare Routine Anti Ribet

Setelah tau tipe kulitmu dan cara merawatnya yang berbeda-beda, kamu udah siap untuk memulai skincare routine, nih. Banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran memang bikin bingung untuk mulai rutinitas ini dari mana. Kalau begitu, let’s start from the basic!

Di sini, kita akan cari tau tahap-tahap dasar skin care yang paling penting untuk dilakukan setiap hari. Yuk, disimak!


Pagi vs. Malam

Sebelum masuk ke tahapannya, kamu harus paham kalau skincare routine yang dilakukan di pagi hari berbeda dengan malam hari karena fungsinya untuk kulit pun berbeda.

Pagi hari/morning routine: untuk mempersiapkan, mencegah, melindungi kulit wajah dari kotoran dan pengaruh-pengaruh luar lainnya.

Malam hari/night routine: memperbaiki, membersihkan, dan merawat kulit yang sudah terpapar seharian; saat tidur, kulit bisa menyerap kandungan produk dengan lebih baik

Step #1: Cleansing

Morning Routine

Untuk mengawali pagimu dengan segar, ubah kulit wajahmu jadi kanvas kosong dengan cleanser. Skin care cleanser akan bantu membersihkan produk-produk skin care bekas kamu pakai di malam sebelumnya dan juga angkat sebum/minyak serta sel-sel kulit mati.

Dengan begitu, produk-produk skincare yang akan kamu pakai selanjutnya juga bisa menyerap dengan baik ke kulit wajahmu. Untuk semua tipe kulit, pastikan pilih cleanser yang lembut dan ringan, ya. Selanjutnya, perhatikan kandungan ingredients di dalamnya dan sesuaikan dengan tipe kulitmu.

Night Routine

Di malam hari, terutama kamu yang sering pakai makeup seharian, sebaiknya lakukan double-cleansing

Pertama, gunakan oil-based cleanser untuk menghapus makeup dan mengangkat sebum/minyak yang mengendap di kulit seharian.

Kedua, cuci muka menggunakan cleanser dan air, sama seperti di pagi hari. Langkah kedua ini memastikan sisa-sisa makeup benar-benar terangkat menyeluruh. 

Dengan metode ini, kulit wajahmu akan lebih bersih dan bebas dari sisa kotoran seharian yang nempel di kulit wajahmu. Kalau kamu belum yakin wajahmu udah bersih total, kamu bisa gunakan toner untuk bikin kulitmu makin bersih bebas kotoran. 

Step #2: Toner

Morning & Night Routine

Fungsi utama toner memang untuk membantu membersihkan kulitmu lebih jauh lagi. Tapi, jangan khawatir, toner yang pas dengan tipe kulitmu nggak akan bikin kulit jadi terlalu kering, meskipun setelah kamu lakukan double-cleansing juga.

Toner tetap penting untuk dilakukan, baik pagi maupun malam, karena toner juga bisa mengembalikan keseimbangan pH dan kelembapan di kulit wajah setelah proses cleansing. Toner yang dipakai di pagi dan malam hari ini akan bikin kulitmu siap untuk menyerap produk-produk skin care yang akan kamu pakai selanjutnya.

Step #3: Serum

Morning Routine

Step yang satu ini benar-benar krusial, karena serum secara spesifik menangani masalah kulit yang kamu alami. Karena itu, sebaiknya serum dipilih dengan cermat sesuai dengan kebutuhan kulitmu, misalnya serum khusus untuk jerawat atau mencegah tanda penuaan. Serum bisa menangani masalah kulit secara spesifik karena ia terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa menyusup masuk ke bagian dalam kulit dan bekerja dari dalam.

Di samping itu, serum yang diperkaya antioksidan juga ampuh buat menangkal radikal bebas yang bahaya buat kulitmu. Radikal bebas bisa ditemui di mana saja, mulai dari polusi udara, sinar matahari, sampai asap rokok. Karena itu, penting banget pakai serum antioksidan sebelum kemana-mana.

Night Routine

Untuk malam hari, pilih serum yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini memang biasanya diperuntukkan bagi tipe kulit kering karena khasiatnya yang melembapkan.

Tapi, kulit berminyak atau jerawatan pun disarankan untuk pakai serum dengan kandungan ini di malam hari. Terutama buat kamu yang akan pakai treatment buat jerawat yang cenderung bikin kulit kering, hyaluronic acid bisa membantu kulitmu tetap lembap waktu kamu tidur. 

Step #4: Moisturizer

Morning & Night Routine

Moisturizer itu wajib dipakai sama semua jenis kulit! Yes, semua tipe kulit termasuk kulit berminyak. Moisturizer itu diperlukan biar kadar air dan kadar minyak pada kulit imbang, sehingga kulit kering nggak terlalu kering dan kulit minyak nggak makin berminyak. 

Kalau kamu merasa kulit berminyakmu makin berminyak setelah pakai moisturizer, hal ini bisa diakibatkan karena tekstur moisturizer yang kurang tepat nih, Beauties. Untuk kulit berminyak sebaiknya pakai tekstur moisturizer yang gel, oil-free, dan water-based. Tekstur ini tergolong ringan sehingga nggak menyumbat pori-porimu dan mengurangi kesan berminyak pada kulit wajahmu. Sementara, kulit kering dan kulit sensitif bisa pilih tekstur moisturizer yang cream karena akan menjaga kelembapan kulitmu lebih lama. Untuk kulit normal maupun kombinasi, kalian bisa pilih tekstur lotion sebagai moisturizer. Selain menjaga kelembapan kulit, moisturizer juga membantu menjaga produk yang dipakai sebelumnya agar tetap di dalam kulit sehingga dapat bekerja menyehatkan kulitmu dengan efektif. 

Step #5: Sunscreen

Morning Routine

Step terakhir ini cukup kamu lakukan di pagi hari aja. Nggak cuma waktu cuacanya cerah saja, kamu tetap harus pakai sunscreen waktu mendung dan hujan. Selama ada matahari, kamu nggak boleh lewatin step ini!

Tentu saja, sunscreen berguna untuk melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Tapi, kamu tau nggak bahayanya terpapar kedua sinar UV ini? Sinar UVA bisa bikin kulitmu cepat mengalami tanda-tanda penuaan (dark spots dan keriput) dan UVB bikin kulit terbakar (sunburn). Yang paling bahaya, terlalu lama terpapar sinar UVA dan UVB bisa mengakibatkan kanker kulit

Sunscreen yang baik punya SPF minimal 30. Kamu boleh oleskan ulang sunscreen-mu setiap 2 jam. Satu lagi, jangan pernah skip pakai sunscreen meskipun moisturizer-mu sudah mengandung SPF, ya. Biasanya, SPF dalam moisturizer saja nggak cukup untuk melindungi kulitmu secara maksimal. Ingat untuk selalu pakai sunscreen di pagi hari kiranya 20-30 menit sebelum melangkah keluar rumah ya, Beauties!

Secara garis besar, basic skincare routine yang harus kamu bangun dulu itu dimulai dari tahap cleansing, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen. Sebelum mulai rutinitas ini, kamu harus sabar dan tau kalau hasil skin care itu nggak instan. Kamu juga butuh proses trial and error, mencoba beragam produk dan metode yang kira-kira cocok sama kulitmu.

Note-to-self: usaha kerja tidak akan mengkhianati hasil. 

So, let’s do our skin care routine well ya, Beauties!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar