Cara Mudah Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan adalah masalah kulit yang sering dianggap remeh. Banyak yang beranggapan kalau masalah ini bisa diurus nanti aja, waktu usia udah nggak muda lagi. Padahal, tanda-tanda penuaan nggak cuma terjadi seiring bertambahnya usia. Siapa pun bisa mengalami penuaan dini kalau nggak mulai menyayangi kulit sejak dini.

Yes, kalau nggak hati-hati dan kurang perhatian sama kesehatan kulit dari sekarang, bisa-bisa kamu mengalami tanda-tanda penuaan di usia muda! Nah, biar kamu nggak menyesal nantinya, simak bahasan Phoebe soal masalah tanda-tanda penuaan. Dijamin, kamu bisa sekalian cari tau cara mencegah penuaan dini, deh, biar kulit tetap glowing terus.

 

Keluhan Umum Tanda-tanda Penuaan

1. Kulit menipis

Kondisi ini bikin kulit jadi mudah memar dan penampakan pembuluh darah jadi lebih kelihatan. Kulit yang menipis ini juga yang menyebabkan kulit keriput dan ada garis-garis halus. Ini karena lapisan kulit tengah (dermis) mulai kehilangan kandungan kolagen, sehingga kulit jadi nggak kenyal dan lentur lagi.

 

2. Keriput dan garis halus

Keriput adalah lipatan dan kerutan pada kulit. Lipatan keriput lebih dalam dibanding garis halus, tapi keduanya adalah hal yang serupa. Seperti disebutkan di atas, ini terjadi karena lapisan kulit makin menipis. Selain itu, kulit juga kehilangan kelembapan alaminya. Kulit yang kering lebih gampang muncul keriput dan garis halus lho, Beauties.

 

3. Age spots atau flek hitam

Sesuai namanya, flek hitam adalah bintik-bintik hitam di kulit yang nggak bertekstur (nggak menonjol). Ini biasanya muncul di area kulit yang sering kena sinar matahari, antara lain kulit wajah, leher, dan tangan. Age spots atau flek hitam adalah akibat produksi melanin berlebihan. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata—produksi melanin berlebihan adalah salah satu cara kulit melindungi dirinya dari paparan sinar matahari.

 

Mengurangi Tanda Penuaan di Wajah

Tips #1: Retinol

Kandungan satu ini memang superstar dalam produk-produk anti-aging. Retinol—yang merupakan salah satu bentuk vitamin A—punya beragam khasiat, antara lain memudarkan keriput dan garis halus, menguatkan lapisan kulit yang tipis, dan meratakan kompleksi kulit yang tadinya banyak flek hitam. Nggak cuma itu, retinol juga disarankan buat mencegah dan meredakan jerawat, lho.

Tugas utama retinol adalah mempercepat proses pergantian sel kulit. Ini supaya sel kulit baru yang lebih sehat dan segar bisa tumbuh, jadi kulit tampak lebih halus, glowing, dan kencang. Retinol juga bisa mencegah pecahnya kandungan kolagen, sehingga mendukung dan mempertahankan kulit kenyal dan lentur. Buat flek hitam, kandungan ini pun membantu menghambat produksi melanin berlebihan.

Tapi, kulitmu butuh waktu untuk membiasakan diri dengan kandungan retinol. Karena itu, mungkin di awal pemakaian, kulitmu menunjukkan iritasi ringan, agak kering, dan sensitif terhadap sinar matahari—yang merupakan reaksi normal untuk pemula. Untuk menghindarinya, kamu bisa mulai pakai retinol 2-3 kali seminggu saja. Lalu, setelah kulitmu mulai terbiasa, kamu boleh pelan-pelan gunakan retinol lebih sering.

Kalau tipe kulitmu sensitif dan menunjukkan reaksi lebih kuat seperti terasa panas, mengelupas, dan jadi merah-merah, sebaiknya segera hentikan penggunaan retinol, ya.

Rekomendasi Produk:

  • The Ordinary Retinol 1% in Squalane 30ml
  • Dermaceutic – Activ Retinol 1.0 Intense Age Defend Serum 30ml
  • For Skin’s Sake Renew Retinol Serum 30ml

 

Tips #2: Hyaluronic acid

Kelembapan adalah kunci penting dalam mengatasi tanda-tanda penuaan! Oleh karena itu, kandungan hyaluronic acid yang dikenal sebagai senjata ampuh pemberi kelembapan bisa jadi andalan dalam menangani tanda-tanda penuaan. Selain menahan supaya kulit nggak kehilangan kelembapan, kandungan ini juga bisa membantu mengurangi dalamnya lipatan kulit keriput dengan cara bikin kulit lebih kencang dan padat.

Rekomendasi Produk:

  • Iunik Vitamin Hyaluronic Acid Vitalizing Toner 200ml
  • The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5 30ml
  • Bhumi G-Alpine Hydra Lock Moisturizer 45gr
  • Benton Snail Bee High Content Steam Cream 50gr
  • Dr.Jart+ Water Fuse Hydro Sleep Mask 50gr

 

Tips #3: Peptides

Peptides adalah rangkaian asam amino yang merupakan unsur pembentuk protein, seperti kolagen. Kandungan ini bekerja dengan cara mengirim sinyal ke bagian tubuh yang perlu perbaikan. Kalau yang perlu perbaikan adalah kulit wajah dengan tanda-tanda penuaan, peptides akan membantu kulit memicu produksi kolagen dan hyaluronic acid.

Rekomendasi Produk:

  • Innertrue Essence of Life 15ml
  • The Ordinary Buffet 30ml
  • Dermatologic Cosmetic Laboratories – Peptide Plus Cream 50ml

 

Penyebab Tanda Penuaan

1. Terpapar sinar matahari

Ini dia penyebab utama penuaan dini. Sinar matahari memancarkan UVA dan UVB. Sinar UVA lah yang bikin kulit cepat menua, sedangkan UVB bikin kulit terbakar (sunburn). Dua-duanya bisa menyebabkan flek hitam di kulit karena kulit biasanya memproduksi melanin untuk melindungi dirinya dari bahaya UVA dan UVB. Keduanya pun bisa menyebabkan risiko kanker kulit, lho!

UVA ini cukup ganas karena bisa menembus kaca jendela dan menyerang bagian lapisan kulit yang lebih dalam. Sinar UVA merusak kandungan dalam lapisan kulit yang berfungsi membuat kulit kuat, kencang, dan kenyal. Akibatnya, lapisan kulit jadi lemah dan menipis, deh. Oh iya, sinar UVA juga selalu ada selama matahari bersinar, baik pagi ataupun sore, meskipun mendung dan hujan.

Yuk, lindungi kulit dari sinar UV!

So, nggak ada lagi alasan lupa pakai sunscreen, ya, Beauties! Ini dia beberapa aturan pakai sunscreen buat perlindungan kulit yang maksimal:

  • Pakai sunscreen dengan SPF minimal 30
  • Boleh oleskan ulang sunscreen setiap 2 jam kalau dirasa sudah luntur
  • Tetap harus pakai sunscreen waktu mendung atau hujan
  • Tetap harus pakai sunscreen meskipun nggak keluar ruangan (terutama kalau di dalam ruangan dengan jendela kaca)
  • Pakai minimal 30 menit sebelum terpapar sinar matahari

Rekomendasi Produk:

  • Benton Papaya-D Sun Cream SPF38 PA+++ 50gr
  • Dermaceutic – Sun Ceutic 50+ Age Defense Sun Protection 15ml
  • For Skin’s Sake Weightless Sunscreen SPF50 PA ++++ 45ml
  • G9Skin White In Milk Sun SPF50+ – 40gr
  • Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Tone Up Cream SPF50 30ml

 

Polusi

Asap kendaraan dan asap rokok adalah dua hal yang sulit dihindari. Keluar rumah sedikit, langsung ketemu dua hal ini. Padahal, mereka termasuk polusi—dan polusi dalam bentuk apapun membawa radikal bebas. Radikal bebas sendiri bisa merusak sel-sel dalam tubuh, termasuk sel kulit. Hasilnya, tanda-tanda penuaan muncul makin cepat, deh.

Tangkal radikal bebas!

Kandungan yang bisa melawan radikal bebas adalah antioksidan! Dalam produk skin care, ada beberapa kandungan yang dikenal kaya antioksidan, antara lain:

  • Vitamin A—atau retinol yang sudah kita bahasa di atas—punya beragam manfaat untuk masalah tanda penuaan, dan salah satunya adalah antioksidan
  • Selain antioksidan, Vitamin C juga punya khasiat mencerahkan kompleksi kulit dan menyamarkan keriput dan garis halus
  • Vitamin E adalah antioksidan yang kuat, ia sering kali dipadankan dengan Vitamin C di dalam produk—tapi, kandungan ini nggak disarankan buat kulit berminyak karena teksturnya yang cukup tebal dan kental bisa menyumbat pori-pori

Meskipun Vitamin C dan E sudah diketahui bisa bekerja dengan baik saat bersamaan, sebaiknya Vitamin A atau retinol dipakai terpisah. Misalnya, pakai Vitamin C dan E di pagi hari dan retinol di malam hari. Atau, pakai Vitamin C dan E hari ini, lalu pakai retinol besoknya.

Rekomendasi Produk:

  • Aqua+ Series Bright-Up Daily Moisturizer 30 ml
  • ElsheSkin Brightening Cream 15gr
  • The Ordinary Vitamin C Suspension 30% in Silicone 30ml
  • Iunik Propolis Vitamin Synergy Serum 50ml
  • Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask 90ml
  • Beaussentials Anti Aging Cream + Vitamin Gel (Light)

 

Lifestyle nggak sehat

Hindari kebiasaan pola hidup yang bisa bikin penuaan dini seperti di bawah ini:

  • Merokok
  • Nggak olahraga
  • Nggak cukup tidur
  • Diet instan
  • Konsumsi alkohol berlebihan

Nah, Beauties bisa mulai dengan rajin-rajin makan makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan (apel, jeruk, stroberi, pisang), sayur-sayuran (bayam, brokoli, tomat, wortel), dan kacang-kacangan (kenari, almond).

 

Skin care yang kurang tepat

Kulit yang nggak diberi perawatan sejak dini bisa bikin tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat. Terlebih lagi, kulit yang terpapar produk skin care yang nggak cocok dan malah bikin masalah kulit lebih membandel.

Nggak ada kata terlambat, kok, Beauties. Yuk, pelan-pelan kita mulai bikin skin care routine yang bisa melindungi dan merawat kulit kita dalam jangka panjang dan tentunya cocok dengan tipe kulit kita, ya.

 

Nggak susah ‘kan, kalau mau mulai mencegah tanda-tanda penuaan sejak dini? Ingat, langkah paling penting adalah mencegah!

So, tenang aja, Phoebe nggak bakal saranin kamu buat pakai produk anti-aging yang terlalu keras buat kulitmu yang masih muda.

Sebaliknya, Phoebe kasih saran supaya Beauties nggak perlu sampai coba-coba produk anti-aging di usia dini. Anggap saja skin care yang kamu lakukan hari ini adalah investasi buat masa depan dengan kulit cerah!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar