Kebiasaan Gaya Hidup Untuk Kulit Sehat dan Glowing

Skin care routine udah lengkap, rajin dilakukan setiap hari, bahkan sering ada perawatan tambahan juga, kayak eksfoliasi hingga maskeran. Tapi kok… kulit belum glowing juga?

Ada beberapa kemungkinan nih, Phoebe’s Squad. Mungkin aja kandungan produk skin care nggak cocok dengan kulitmu atau kandungan produk skin care nggak cocok satu sama lain. Selengkapnya soal ini, kamu bisa baca di artikel Pemula Skin Care? Ini 6 Hal yang Kamu Harus Tau!

Tapi, di samping itu, mungkin kulit belum kelihatan glowing-nya karena skin care nggak didukung gaya hidup yang sehat. Soalnya, kulit yang sehat biasanya adalah cerminan kondisi tubuh yang sehat juga.

Nah, coba cek tips-tips gaya hidup sehat dari Phoebe di bawah ini! Udah kamu lakukan, belum?

 

lifestyle untuk kulit sehat

 

#1: Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Yup, serajin apapun kamu skincare-an kalau masih sering nggak pakai sunscreen, semuanya akan sia-sia! Selain mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kayak keriput dan garis halus, bikin kulit ada flek hitam sun spots, paparan sinar matahari juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. So, lindungi kulitmu, ya!

Ada beberapa cara untuk melindungi kulitmu secara maksimal:

1. Pakai sunscreen di pagi hari. Pilih yang punya SPF minimal 30 dan jangan lupa oleskan ulang setiap 2 jam, terutama kalau kamu beraktivitas di luar.

2. Jangan skip sunscreen meskipun nggak keluar rumah. Sinar UV dari matahari bisa menembus kaca jendela, sehingga kulitmu tetap butuh perlindungan ekstra.

3. Hindari terpapar sinar matahari secara langsung dari jam 10 pagi hingga 4 sore. Pada rentang waktu ini, indeks sinar UV paling tinggi dan berbahaya.

4. Untuk perlindungan ekstra, kenakan baju lengan panjang, celana panjang, topi, dan kacamata hitam.

 

#2: Makanan yang Mendukung Kulit Glowing

You are what you eat! Memang benar, pilihan dan pola makanmu bisa mempengaruhi kondisi kulit. Jadi, kulit yang sehat harus didukung pola makan yang sehat juga.

Tapi, Phoebe paham kok, mengubah pola makan itu nggak gampang. So, Phoebe kasih tips beberapa jenis makanan yang bisa perlahan-lahan kamu tingkatkan dalam konsumsi sehari-hari:

  • Alpukat - asam lemak untuk mendukung skin barrier
  • Ikan salmon, sarden, teri - asam lemak untuk mendukung skin barrier
  • Sayuran hijau (bayam, brokoli, selada, dll.) - nutrisi dan antioksidan
  • Blueberry, stroberi, jeruk, mangga, anggur - nutrisi dan antioksidan
  • Dark chocolate - antioksidan
  • Green tea - antioksidan
  • Air putih - detoks

Nah, kalau yang di bawah ini sebaiknya dikonsumsi secukupnya, ya!

  • Produk susu (keju, mentega, es krim, dll.) - bikin hormon nggak stabil, sehingga bisa menyebabkan produksi minyak wajah meningkat
  • Camilan manis - bisa memperburuk kondisi kulit yang meradang

 

#3: Hindari Stress!

Kondisi stress bisa mempengaruhi kondisi kulit, lho. Ketika pikiran stress, ini bisa memicu hormon dalam tubuh jadi nggak seimbang, yang kemudian berpengaruh pada kondisi kulit.

Misalnya, terpicunya hormon kortisol bisa bikin kulit semakin berminyak dan mengurangi kemampuannya untuk melawan bakteri penyebab jerawat (P. acnes). Karena itu, ketika stress, masalah jerawat bisa memburuk. Stress dan hormon juga diketahui mempengaruhi masalah kulit seperti rosacea dan eksim.

Untuk meredam stress dan mencegah hormon nggak stabil, kamu bisa lakukan beberapa hal ini:

  • Olahraga - bisa mengurangi hormon-hormon stress dalam tubuh. Oh iya, jangan lupa cuci muka setelah olahraga, ya!
  • Kerajinan tangan - seperti mewarnai, menjahit, melukis, dan lain sebagainya bisa membantu mengurangi stress
  • Yoga, meditasi - memberi jeda pada jalan pikiran yang selalu aktif
  • Puasa media sosial - memberi jeda pada jalan pikiran yang selalu aktif
  • Self-care - melakukan hal-hal sehat yang bikin kamu happy!
  • Ngobrol dengan sahabat dan keluarga
  • Lakukan hobimu - hobi positif apapun yang kamu punya bisa jadi wadah melepaskan stress

 

#4: Beauty Sleep!

Pantes aja ya, sering disebut beauty sleep--soalnya, tidur bisa bikin kulit makin cakep dan glowing! Sebaliknya, efek kurang tidur pasti bisa kelihatan dari kondisi kulit yang nggak segar.

Tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam sehari, bisa membantu bikin kulit lebih sehat. Nih, beberapa hal yang dilakukan kulitmu ketika kita tidur:

  • Kulit memperbarui dan memperbaiki kerusakan sel-sel yang terjadi sepanjang hari
  • Kulit memproduksi kolagen, kandungan yang penting banget untuk menjaga kelembapan kulit, bikin kulit tetap kenyal dan lembut, menyembuhkan luka, dan tentunya menjaga kesehatan kulit
  • Produksi melatonin, yang merupakan kandungan antioksidan, biasanya terjadi waktu di malam hari waktu kita tidur. Melatonin bisa membantu memperbaiki kerusakan karena radikal bebas.

Kalau kurang tidur, tubuh dan kulitmu kehilangan waktu untuk melakukan hal-hal di atas, sehingga proses memperbaiki dirinya kurang maksimal. Yuk, dukung tubuh dan kulitmu dengan mencukupi jam tidur!

 

#5: Kurangi Paparan dengan Hal-hal yang Mengiritasi

Kulit iritasi artinya ada yang mengancam kesehatan kulitmu! Tanpa disadari, kita sering melakukan hal-hal kecil yang berpotensi mengiritasi kulit sendiri nih.

Sarung bantal. Sarung bantal yang lama nggak dicuci akan jadi sarang bakteri, sisa minyak di wajah, keringat, sel kulit mati, dan lain sebagainya. Karena setiap malam wajahmu menyentuh sarung bantal, kotoran di bantal bisa mengiritasi kulitmu atau bikin jerawatan. So, ganti sarung bantalmu seminggu sekali, ya.
.
Layar handphone. Nggak perlu diingatkan lagi dong, betapa kotor layar handphone-mu, saking sering disentuh tangan yang kotor dan diletakkan di sembarang tempat. Ketika layar handphone menyentuh kulit wajah, misalnya pas angkat telepon, kotoran dan bakteri di layar bisa berpindah ke kulit. Jadi, untuk menghindari iritasi, sebaiknya, rajin-rajin bersihkan layar handphone-mu, ya.
.
Brush makeup. Hayo, siapa yang suka lupa bersihin brush makeup? Padahal, sebaiknya, brush makeup dicuci minimal seminggu sekali, lho. Kalo nggak, kotoran dan bakteri yang mengendap bisa mengiritasi kulitmu tiap mau mengaplikasikan makeup.
.
Jangan sentuh muka dengan tangan. Habis pegang ini-itu, terus pegang muka… Wah, kebiasaan buruk, nih. Tanganmu itu kotor dan penuh bakteri, jauhkan dari wajah, ya!
.
Asap rokok. Ini adalah salah satu sumber radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan kulit. Hati-hati, yaa.
.
Skin care yang nggak cocok. Mungkin ada beberapa kandungan yang nggak cocok dengan kulitmu, sehingga bisa menyebabkan reaksi iritasi setelah menggunakannya. Kalau ada produk skin care yang bikin iritasi, sebaiknya jangan lanjutkan pemakaian, ya.

 

Tubuh yang sehat pasti ditunjukkan oleh kulit yang sehat dan glowing! Karena itu, kulit nggak bisa glowing maksimal hanya dengan skin care aja--kita tetap harus menjaga kesehatannya dari dalam.

Yuk, kita sama-sama usahakan kulit sehat glowing melalui gaya hidup sehat!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: jerawat, lifestyle, masalah kulit, penyebab masalah kulit, tipe kulit

Tinggalkan komentar