Kulit Berminyak? Ini Rekomendasi Skin Care Lokal, Korea, dan Western

Baru tengah hari, lalu kulit wajah terlihat seperti ladang minyak. Belum lagi karena produksi sebum berlebihan, kulit wajah jadi rawan timbul jerawat.

Duh, Phoebe tau banget deh rasanya punya kulit berminyak. Mau coba produk ini-itu, tapi khawatir makin berminyak atau berjerawat. Galau banget, kan?

Mungkin ini saatnya kamu keluar zona nyaman dan memberanikan diri untuk cobain produk skincare lain nih, Phoebe’s Squad.  

Untuk itu, Phoebe akan kasih rekomendasi dari masing-masing preferensi: pilihan brand lokal, brand asal Korea, hingga brand western. Kamu penasaran sama produk dari mana nih, Squad?

 

 

Versi Local Pride

Kalau nggak mau jauh-jauh nyari produk skin care buat kulit berminyak, simak aja rekomendasi beberapa brand lokal dari Phoebe ini. Kulit berminyakmu pasti lebih happy!

1. Avoskin Miraculous Refining Toner

Toner dari Avoskin ini adalah exfoliating atau acid toner karena punya kandungan aktif: Glycolic Acid (AHA) dan Salicylic Acid (BHA). Kedua kandungan ini superstar banget buat kulit berminyak! Soalnya, baik AHA maupun BHA bekerja melepaskan sel-sel kulit mati yang menumpuk biar pori-porimu nggak tersumbat minyak berlebih yang menimbulkan jerawat.

Beberapa kandungan lain dalam acid toner dari Avoskin ini yang bisa membantu masalah kulit berminyak adalah:

  • Tea Tree yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang berpotensi menyebabkan jerawat.
  • Witch Hazel ampuh menyerap minyak berlebih yang ada di kulit biar nggak menyumbat pori-pori.
  • Niacinamide punya kemampuan untuk perlahan-lahan mengurangi produksi minyak berlebih sampai ke level normal, serta meratakan kompleksi kulit.

 

2. ElsheSkin Sebum Reducer Serum

Sesuai namanya, serum yang satu ini punya manfaat mengurangi produksi sebum atau minyak. Caranya adalah dengan mengandalakan kandungan niacinamide! Selain bisa meregulasi produksi minyak sampai normal, niacinamide juga dikenal bisa menyamarkan noda-noda hitam dan bikin kulit keliatan lebih cerah—banyak fungsi dalam satu kandungan, ya.

 

3. Haple Blue Moon Moisturizer

Cari moisturizer yang nggak terlalu berat dan nggak menyumbat pori-pori buat kulit berminyak nggak susah, kok. Misalnya, moisturizer dari Haple ini yang berbahan dasar air (water-based), sehingga lebih ringan, gampang diserap oleh kulit, dan nggak menutup pori-pori di permukaan kulit.

Kulit berminyak akan mendapat keuntungan dari beberapa kandungan ini seperti jojoba oil yang bekerja membunuh bakteri biar jerawat nggak mudah muncul, alpha arbutin dan niacinamide supaya bekas jerawat tersamarkan sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih. Selain itu, dalam Haple Blue Moon Moisturizer ini juga ada aloe vera dan centella asiatica biar kulitmu tenang dan lembap.

 

Versi K-Beauty (Asian)

Ini dia jawabanmu yang suka penasaran: “Gimana caranya K-Beauty idols itu bisa punya kulit yang tetap lembap tapi nggak berminyak dan nggak kusam?”

1. Pyunkang Yul Acne Facial Cleanser

Face wash dari brand Korea, Pyunkang Yul, ini nggak bikin kulit super kering kayak face wash lainnya—terutama face wash buat kulit berminyak. Kulit tetap terasa lembap dan nggak berat, tapi juga bersih maksimal. Manfaat ini thanks to beberapa kandungan berikut:

  • Salicylic acid dari willow bark extract yang mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari dalam pori-pori.
  • Matairesinol glucoside dari kandungan tiger lily yang bisa membunuh bakteri, sehingga mencegah kulit meradang karena infeksi bateri.
  • Copper tripeptide yang bisa membantu menenangkan kulit yang meradang, serta menyembuhkan luka bekas jerawat.

 

2. Benton Aloe BHA Skin Toner

Meskipun termasuk kategori exfoliating atau acid toner karena kandungan BHA-nya (salicylic acid) dengan konsentrasi 0.5%, toner dari Benton ini juga punya banyak kandungan yang melembapkan, lho. Jadi, kamu nggak cuma membersihkan lapisan kulit dari sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk, tapi juga memberi kelembapan yang pastinya tetap dibutuhkan kulit berminyak.

Selain BHA untuk mengeksfoliasi, ada beberapa kandungan pelembap dalam toner dari Benton, mulai dari Aloe Vera memberikan kelembapan maksimal yang tetap ringan dan nggak menyumbat pori-pori, Snail Secretion Filtrate melindungi kulit terhadap zat-zat berbahaya dari luar, bikin kulit lembap, dan terasa halus, dan Beta Glucan menarik dan menahan kadar kelembapan biar kulit nggak over-dry setelah eksfoliasi dengan BHA.

 

3. iUNIK Tea Tree Relief Serum

Serum dari iUNIK ini punya segudang manfaat, dari melembapkan sampai mencegah jerawat.

Dengan kandungan Tea Tree, serum ini bisa membunuh bakteri, jamur, dan virus yang bisa menyebabkan kulit meradang—termasuk membunuh bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Kamu nggak perlu khawatir kulitmu iritasi karena ada Centella Asiatica yang memberi kelembapan, menenangkan kulit yang meradang, dan membantu meringankan luka bekas jerawat.

Selain bebas jerawat, kulitmu juga bisa bebas dari tanda penuaan karena di dalam iUNIK Tea Tree Relief Serum ada Niacinamide dan Adenosine untuk membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

 

Versi Barat (Western)

Setelah tau kunci kulit lembap bebas minyak berlebih a la K-Beauty di atas, saatnya kita lihat cara skin care western merawat kulit berminyak biar flawless, yuk!

1. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Exfoliating atau acid toner memang produk wajib buat kulit berminyak untuk menghindari potensi jerawat. Dari brand western, Phoebe rekomendasiin dari acid toner dari The Ordinary yang udah jadi favorit sejuta umat. Kandungan utamanya adalah glycolic acid (AHA) yang punya tugas melepaskan sel-sel kulit mati yang bandel dan masih menempel di kulit.

Hasilnya, sel kulit mati bisa segera rontok, digantikan dengan sel kulit baru yang lebih segar, dan kulit pun jadi lebih bersih kinclong! Tanpa sel kulit mati, pori-pori juga lebih bersih dan nggak gampang tersumbat, sehingga jerawat juga nggak gampang muncul.

 

2. Thayers Witch Hazel Toner – semua varian

Yup! Semua varian Facial Toner dari Thayers rata-rata cocok sama kulit berminyak. Soalnya, kandungan witch hazel bisa menyerap minyak berlebih di wajah sekaligus meredakan peradangan dan memberi kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya buat kesehatan kulit.

Tapi tenang aja, nggak cuma menyerap minyak, Facial Toner Thayers juga memberikan kelembapan dari kandungan Aloe Vera dan Glycerin-nya. Jadi, kulitmu nggak over-dry, tapi nggak over-oily juga!

 

3. Aztec Secret Indian Healing Clay

Clay mask pokoknya favorit banget deh, buat kulit berminyak! Kandungan bentonite clay tuh efektif buat mengangkat minyak berlebih dari dalam pori-pori dan mencegah jerawat. Nggak cuma minyak berlebih, clay juga mendetoks serta menarik kotoran hingga kulit bersih maksimal. Tapi, clay mask, kayak Aztec Secret Indian Healing Clay ini, cuma boleh dipakai 2-3 kali aja, ya.

 

Nah, itu dia rekomendasi macam-macam produk skin care dari brand lokal, Korea, dan juga brand-brand western. Kalau mau mix and match juga boleh banget, kok!

Misalnya, Phoebe lumayan penasaran untuk coba eksfoliasi dengan acid toner The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution, nih. Habis itu, biar kulit nggak terlalu kering, Phoebe mau pakai hydrating toner dari Thayers. Untuk cegah jerawat karena infeksi bakteri, pakai iUNIK Tea Tree Relief Serum. Sesekali, pakai Aztec Secret Indian Healing Clay sambil rileks, deh! Kalau kamu? 😊

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: eksfoliasi, exfoliant, kulit berminyak, oily skin, rekomendasi skincare, skincare korea

Komentar

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    lsxwCnXV

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    gNWLOfRMwbG

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    LkTFzqtYgWcvdHu

Tinggalkan komentar