Kulit Normal Juga Butuh Skin Care, Lho!

Apakah kulitmu punya sedikit minyak, nggak terlalu kering, dan baru terlihat berkilap di sore hari? Selamat untuk kulit normalnya, Beauties! 

Meskipun kamu beruntung karena punya tipe kulit normal, yang jadi idaman tipe-tipe kulit lainnya, bukan berarti kamu nggak perlu merawat kulitmu, lho. Tetap ada banyak ancaman yang bisa merusak kulitmu. Mau tau apa saja? Simak di bawah ini ya, Beauties.


Ancaman buat Kulit Normal

1. Hormon nggak seimbang

Untuk ini, ada baiknya kamu hindari stress, ya. Soalnya, stress bisa menyebabkan hormon kortisol memicu produksi sebum (minyak) berlebih. Kalau sudah begitu, ada risiko jerawat, deh. Ada juga hormon estrogen, yang kalau terlalu rendah, bisa bikin kulitmu kering.

2. Terpapar sinar UV

Nggak cuma untuk kulit normal, ini salah satu musuh terbesar jenis kulit mana pun. Sinar UVA bisa bikin kulitmu cepat mengalami tanda-tanda penuaan (dark spots dan keriput), sementara sinar UVB bikin kulit terbakar (sun burn). Yang paling bahaya, baik sinar UVA maupun UVB, keduanya bisa menyebabkan kanker kulit. So, pastikan sebelum kamu terpapar sinar matahari, kamu harus pakai sunscreen ya.

3. Nggak cocok sama produk skin care

Mencari produk skin care yang langsung 100% cocok sama kulitmu memang nggak gampang. Jadi, sabar-sabar, ya, Beauties. Satu lagi, jadikan ini pedomanmu dalam skin care-an: less is more! Terutama buat kulit normal, jangan terlalu banyak menaruh produk di kulit wajahmu karena bisa memicu reaksi alergi, iritasi, ataupun jerawat.


Perawatan Kulit Normal

1. Tindakan pencegahan

Kalau saat ini kulitmu lagi nggak bermasalah, berarti yang harus kamu lakukan untuk merawat kulit normalmu adalah mencegah datangnya masalah-masalah kulit. Selalu perhatikan pilihan lifestyle kamu. Jaga pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup!

2. Stick to the basic!

Tergiur sama berbagai macam produk skin care? Hati-hati! Kalau ketemu produk yang nggak cocok, kulit normal tetap bisa ada reaksi alergi, iritasi, bahkan sampai berubah tipe, lho. Tetap cermat memilih produk skin care dan jangan terlalu sering gonta-ganti rutinmu. Pokoknya, selalu sedia cleanser, toner, serum, dan moisturizer. Yang paling penting, pastinya sunscreen di pagi hari!

Rekomendasi Produk:

  • Benton Tea Tree Cleansing Water 200ml
  • SBCSkin Hydrating And Refresh Toner For Normal To Dry Skin 100ml
  • Iunik Propolis Vitamin Synergy Serum 15ml

3. Tekstur moisturizer yang cocok

Ada 3 tekstur moisturizer, yaitu gel, krim, dan lotion. Tekstur gel mengandung lebih banyak air dan cocok untuk kulit berminyak, sedangkan tekstur krim punya lebih banyak kandungan minyak yang bisa membantu melembapkan kulit kering.

Tekstur lotion nggak mengandung terlalu banyak minyak dan lumayan ringan. Karena itu, kulit normal disarankan pakai moisturizer dengan tekstur lotion saja. Tapi, kamu boleh juga pakai yang teksturnya gel atau krim kalau kamu merasa kulit normalmu kadang-kadang punya kecenderungan berminyak atau kering.

Rekomendasi Produk:

  • Olivarrier Dual Moist Toning Lotion 200ml
  • Benton Snail Bee High Content Lotion 120ml
  • Clinique Dramatically Different Moisturizing Lotion+ 50ml

4. Hindari produk beralkohol dan pewangi

Karena merawat kulit normal difokuskan pada tindakan pencegahan, makanya kamu harus hati-hati sebelum mencoba produk skin care, pilih yang nggak mengandung alkohol dan pewangi.

Beberapa contoh kandungan alkohol yang harus diperhatikan adalah Ethanol, SD Alcohol, Methanol, Denatured Alcohol, dan Ethyl Alcohol. Kandungan pewangi sendiri punya banyak nama dan agak sulit dideteksi, kecuali sudah tertulis ‘fragrance-free’ di kemasan produk. Karena itu, tips penting buat kamu saat belanja produk skin care adalah cek ingredients list-nya!

Rekomendasi Produk:

  • Thayers Witch Hazel Toner 355ml – Rose Petal
  • Clinique Fresh Pressed Daily Booster with Pure Vitamin C 10% 8.5ml

5. Pakai sunscreen

Tindakan pencegahan lainnya adalah dengan rajin-rajin pakai sunscreen. Ini kunci melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Sunscreen juga berjasa banget menjaga corak kulitmu tetap sama rata (mencegah dark spots karena sinar UV) dan biar kamu jauh-jauh dari risiko kanker kulit!

Sama seperti tipe kulit lainnya, sebaiknya kamu pilih sunscreen yang ampuh dengan minimal SPF 30. Jangan lupa oleskan ulang, ya, setiap kurang lebih 2 jam.

Rekomendasi Produk:

  • Joylab Aqua Sun-Day SPF 50 PA++ – 50gr / Sunblock / Sunscreen
  • Haple Daily Sunscreen SPF30 100ml
  • For Skin’s Sake Weightless Sunscreen SPF50 PA ++++ 45ml

Nah, itu dia cara merawat kulit normalmu. Nggak sangka, ternyata banyak juga aturan yang harus diikuti si kulit normal supaya tetap flawless, ya. Apa nih ceritamu selama merawat kulit normal atau masalah apa yang sering kamu alami untuk menjaga kulitmu tetap sehat? Share di kolom komentar, ya, Beauties!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: normal skin

Tinggalkan komentar