Lip Care Routine Menghilangkan Bibir Hitam dan Kering

Bibir kering, pecah-pecah, atau gelap—padahal udah rajin pakai lip balm? Tenang aja, Beauties. Itu bisa diperbaiki, kok.

Nggak cuma skin care routine, kamu mungkin juga perlu lip care routine supaya bibirmu lembap dan terlihat sehat. Yuk, cari tau di bawah kiat-kiat lip care routine buat bibir sehat!

 

Ciri-ciri Kulit Bibir

Kayaknya kita sering lupa ya, kalau kulit bibir juga butuh perawatan. Apalagi kulit bibir itu tipis banget dibanding area kulit lainnya. Kulit bibir cuma punya 3 sampai 6 lapisan sel kulit, sedangkan area kulit lain bisa sampai 16 lapisan. Nah, karena kulitnya tipis, kita bisa lihat pembuluh darah di bawah lapisan kulit.

Selain itu, kulit bibir juga nggak punya kelenjar sebaceous—itu lho, kelenjar yang tugasnya menghasilkan sebum atau minyak untuk melembapkan kulit. Karena itu, kulit bibir gampang banget kering, kan? Karena itu juga, kita dianjurkan buat pakai lip balm, supaya kulit tetap punya lapisan minyak alami untuk menjaga kelembapan.

Selain lip balm, ada beberapa langkah lainnya untuk menjaga kulit bibir sehat dan merona terus, nih, Beauties! Ini dia…

 

 

Step #1: Hapus makeup

Pastikan kamu selalu hapus lipstick, lip gloss, atau lip liner yang habis kamu pakai seharian sebelum mulai lip care routine, ya! Kulit bibir yang bersih akan bantu lip care bisa menyerap dan berfungsi dengan baik.

 

Step #2: Eksfoliasi

Kulit bibir juga perlu eksfoliasi, lho. Caranya? Pakai lip scrub aja! Ini bisa membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang kadang bikin kulit bibir gelap dan kering.

Selain warna kulit bibir jadi lebih cerah, produk pelembap bibir juga bisa menyerap lebih baik. Kebayang nggak sih, kalau sel kulit mati menumpuk, pelembap bibir cuma sekedar “duduk” di permukaan kulit bibir aja? Dengan kata lain, pelembap bibir yang kamu pakai itu nggak bekerja efektif.

Biar kulit bibir bisa lebih lembap dan cerah, kamu bisa mulai pakai lip scrub 2-3 kali seminggu. Kamu bisa mulai dengan cobain macam-macam Lip Scrub dari Liplapin atau Lip Sugar Scrub-nya ElsheSkin.

 

Step #3: Pakai lip mask

Lip balm aja nggak cukup buat melembapkan bibir, lho, Beauties! Biar kelembapan di bibir awet dan kulitnya benar-benar jadi sehat, kamu bisa rawat pakai lip mask. Lip mask ini semacam serum buat bibir dengan kandungan yang lebih padat dan powerful dibanding lip balm pada umumnya.

Kalau lip balm bisa hilang dalam waktu 2-3 jam atau kehapus waktu makan dan minum, lip mask sendiri mampu memberi nutrisi dan kelembapan dari dalam. Misalnya, Azarine Hydrasmooth Lip Mask atau ElsheSkin Lip Serum ini.

 

Step #4: Jaga dengan lip balm

Pakai lip mask bukan berarti nggak perlu pakai lip balm, lho. Setelah lip mask memberikan kelembapan, pakai lip balm untuk mengunci kelembapan biar nggak hilang dan menguap!

Lip balm yang oke biasanya punya kandungan occlusive—yaitu, kandungan yang bisa membuat lapisan ekstra di atas permukaan kulit, sehingga menghalangi kelembapan untuk keluar dan hilang begitu saja. Contohnya, kandungan beeswax, shea butter, squalene, dimethicone, dan lain sebagainya.

Tinted Lip Balm dari Liplapin dan Glossy Lip Balm dari Paul Frank ini punya kandungan occlusive untuk memastikan kulit bibir lembap maksimal!

Selain itu, beberapa formula lip balm yang punya kandungan antioksidan—seperti Vitamin E—dan dilengkapi SPF juga ampuh buat melindungi kulit bibir dari radikal bebas dan paparan sinar matahari yang merusak. Kandungan ini bisa ditemukan dalam For Skin’s Sake Lip Balm SPF15 atau Kiehl’s Butterstick Lip Treatment SPF25.

Kerja lip mask nggak optimal tanpa lip balm, begitu juga sebaliknya. So, jadikan kedua hal ini senjatamu melawan kulit bibir kering dan gelap, ya!

 

Step #5: Tetapkan lifestyle yang sehat

Last but not least, kunci kulit bibir sehat merona adalah lifestyle yang sehat!

  • Biasakan cukup minum air, sekitar 2.5 liter setiap harinya.
  • Asap rokok adalah salah satu sumber radikal bebas yang merusak kulit dan bikin bibir gelap—jauh-jauh dari rokok!
  • Ketika bibir terasa kering, jangan basahi dengan air liur (saliva). Saliva mengandung enzim yang bisa bikin kulit bibir malah makin kering.
  • Hindari gigit-gigit kulit bibir hingga terkelupas! Lebih baik lepaskan kulit mati pakai lip scrub yang Phoebe rekomendasikan di atas, ya.

 

Sekian panduan lip care routine a la Phoebe! Kalau kamu punya tips dan trik lainnya buat bikin kulit bibir cerah merona dan lembap setiap saat, please share buat Phoebe dan Beauties lainnya di kolom komentar, ya.

Hugs and kisses from Phoebe~

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: bibir hitam, kulit kering, lip balm, lip care, lip mask, lip scrub

Tinggalkan komentar