Panduan 10 Step Korean Skin Care Routine a la Phoebe

Siapa yang nggak kenal sama 10 step Korean Skin Care Routine?

Sesuai namanya, skin care routine ini terdiri dari 10 langkah yang biasa dilakukan setiap hari sama warga Korea Selatan. Rahasia kulit glowing a la K-Beauty? Ya, 10 step skin care routine ini!

Buat kamu yang pengen cobain ini, Phoebe kasih panduan urutannya biar kamu gampang mengikuti langkah-langkahnya plus produk skin care yang bisa kamu cobain.

Psst… Semua produk Phoebe siapin supaya oke buat semua tipe kulit, lho. Disimak ya, Beauties!

 

 

Step #1: Oil-based Cleanser

Sebelum cuci muka, 10 step skin care routine mewajibkan kamu untuk menggunakan oil-based cleanser dulu. Ini bisa membantu kamu yang doyan pakai makeup untuk membersihkan makeup dengan maksimal—terutama makeup yang waterproof.

Kalau nggak pakai makeup, kamu juga tetap harus pakai oil-based cleanser, soalnya dia bisa menarik kotoran yang menumpuk, minyak berlebih, dan sisa skin care yang kamu pakai di pagi hari atau malam sebelumnya—jadinya, sisa kotoran dan minyak lebih gampang dibilas, deh!

Step ini bisa kamu lakukan di pagi dan malam hari. Di pagi hari, oil-based cleanser bisa membersihkan sisa skin care yang kamu pakai di malam sebelumnya, sehingga kulitmu lebih siap menyerap skin care yang akan dipakai setelahnya. Di malam hari, tentunya untuk menghapus makeup dan membersihkan kotoran yang nempel di wajah seharian.

Kamu bisa cobain iUNIK Calendula Complete Cleansing Oil. Produk ini punya kandungan minyak dari calendula, sunflower seed, canola, jojoba seed, macadamia nut, dan bunga cananga odorata. Kandungan-kandungan ini bisa melembapkan, menenangkan kulit sensitif, sekaligus menjaga lapisan pelindung kulit (skin barrier) serta memberi nutrisi buat kulit.

 

Step #2: Face Wash

Setelah oil-based cleanser, baru cuci muka pakai face wash, deh! Ini memastikan kulitmu bersih merata dan kotoran-kotoran yang tertinggal dari oil-based cleanser bisa terangkat. Bilas face wash-mu dengan air hangat ya, Beauties.

Phoebe mau rekomendasiin iUNIK Centella Bubble Cleansing Foam yang bisa dipakai buat kulit sensitif, karena kandungan Centella Asiatica dan tea tree bisa membantu meredakan peradangan dan menenangkan kulit.

Begitu juga dengan kulit berminyak yang acne-prone, karena kedua kandungan itu membantu menyembuhkan luka dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kulit yang cenderung kering, kombinasi, atau normal juga bisa pakai ini karena cukup gentle dan nggak bikin kulit kering, kok.

 

Step #3: Eksfoliasi

Setelah double-cleansing sampai kulit bersih, ini saat yang tepat buat pakai produk exfoliator. Beauties udah tau fungsi eksfoliasi, kan? Yup, mengangkat sel kulit mati yang numpuk. Selengkapnya, kamu bisa baca artikel Phoebe Eksfoliasi: Rahasia Kulit Sehat, Glowing Maksimal untuk cara eksfoliasi yang benar plus segudang manfaat eksfoliasi buat kulit sehat dan mulus.

Kamu bisa pakai iUNIK Lime Moisture Mild Peeling Gel yang punya kandungan AHA alami dari buah-buahan, sehingga cukup efektif melepaskan sel-sel kulit mati tanpa bikin kulit iritasi atau terlalu kering. So, boleh banget dipakai semua jenis kulit! Kalau mau tau lebih lanjut soal iUNIK Lime Moisture Mild Peeling Gel, kamu boleh nonton video Youtube di bawah ini, yang lagi me-review beberapa produk iUNIK, termasuk produk exfoliator ini.

Bedah Produk iUNIK Bersama Pakdhe Danang | Review iUNIK Indonesia | Ponny Beaute x iUNIK

Selain itu, kamu juga bisa pakai exfoliating toner, misalnya The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution. Ini juga bisa dipakai semua jenis kulit, kecuali kulit yang lagi bermasalah (kering sampai mengelupas atau kulit sensitif yang sedang meradang). Kalau pakai exfoliating toner ini, tunggu 5-10 menit dulu ya, sebelum lanjut ke tahap berikutnya, yaitu hydrating toner.

Oh iya, sebaiknya eksfoliasi dilakukan di malam hari aja dan nggak perlu setiap hari, 3-4 kali dalam seminggu itu cukup kok. Kalau mau pakai di pagi hari, jangan sampai kelupaan pakai sunscreen ya (yang bakal kita bahas di langkah terakhir), soalnya proses eksfoliasi bisa bikin kulit agak sensitif sama sinar matahari dan lebih gampang sunburn.

 

Step #4: Toner

Setelah eksfoliasi dengan kandungan acids, biasanya kulit kita berada di level pH yang lebih rendah dari normal (4.7 – 5.75). Nah, toner yang hydrating dan cleansing bisa membantu mengembalikan level pH kembali normal.

Setelah eksfoliasi, kamu harus pakai  toner yang melembapkan, misalnya, Facial Toner Thayers. Ia dilengkapi kandungan aloe vera dan glycerin yang nggak cuma memberi kelembapan, tapi juga menjaga supaya kelembapan itu nggak cepat hilang alias awet tahan lama.

Dari sederet varian Facial Toner Thayers, kamu bisa pilih yang fungsinya paling cocok sama kulitmu, lho. Kamu bisa cari tau varian yang pas buat kamu di artikel Kamu Wajib Tahu 6 Manfaat Facial Toner Thayers Ini!

Selain aloe vera dan glycerin yang oke buat melembapkan kulit kering, Facial Toner Thayers juga punya kandungan andalan lainnya, yaitu witch hazel. Kandungan ini bisa menyerap minyak berlebih dari kulitmu, mengecilkan pori-pori, dan meredakan peradangan—cocok banget buat kulit berminyak dan sensitif!

Step pakai toner ini wajib dipakai pagi maupun malam ya, Beauties!

 

Step #5: Essence

Mungkin, setelah pakai Facial Toner Thayers, aloe vera dan glycerin nggak cukup melembapkan buat kulit yang cenderung kering. Nah, di step ke-5 ini ada essence yang fungsi melembapkannya lebih powerful lagi.

Boleh dipakai pagi dan malam, produk ini memang dibuat untuk memberikan kelembapan ekstra dan mencerahkan kulit biar keliatan glowing dari dalam gitu! Nggak heran tokoh-tokoh K-Beauty rajin banget pakai essence sampai kulitnya glowing dan flawless, ya.

Tekstur essence umumnya lebih cair daripada serum, tapi nggak secair toner. Karena itu, essence bisa benar-benar meresap ke dalam kulit dan memberi kelembapan dari dalam.

Nah, kamu boleh coba Raiku Water Essence nih, Beauties. Essence ini juga helpful banget buat kamu yang seharian beraktivitas di ruang ber-AC yang bisa bikin kulit dehidrasi. Jadi, nggak cuma buat kulit kering aja, ya.

 

Step #6: Booster/Serum/Ampoule

Antara booster, serum, dan ampoule—ketiganya cuma berbeda pada tingkat konsentrasi kandungan, kok. Kandungan dalam booster cukup terkonsentrasi, tapi nggak sepadat serum. Keduanya bisa dipakai setiap hari untuk mencapai skin goals dengan pelan, tapi pasti!

Kalau ampoule, kandungannya lebih terkonsentrasi dan padat, bisa mengatasi masalah kulit dengan cepat, sehingga biasanya nggak bisa digunakan setiap hari dan cuma dalam jangka waktu yang singkat (misalnya, 1-2 minggu).

Ketiganya punya tujuan yang nggak beda jauh, yaitu mengatasi masalah kulit yang spesifik di kulit. Jadi, beda masalah, beda formula, nih. Karena itu, nggak ada 1 serum yang pas banget buat semua masalah kulit.

Mungkin, Phoebe bisa rekomendasiin 2 serum favorit Beauties yang didapuk bisa mengatasi banyak masalah kulit yang paling umum dialami. Yang pertama adalah The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% yang ampuh mengontrol produksi sebum berlebih, menyamarkan noda atau flek di kulit, serta bikin kulit yang agak bruntusan jadi lebih mulus. Yang kedua, iUNIK Propolis Vitamin Synergy Serum yang jadi favorit buat anti-aging, melembapkan, mencerahkan, dan juga meredakan jerawat yang meradang.

Oh iya, kalau buat booster, serum, maupun ampoule, sebaiknya kamu baca baik-baik petunjuk pemakaian per produknya, ya. Ada beberapa produk yang cuma dianjurkan untuk dipakai pada malam hari (biasanya, yang punya kandungan retinol, acids, dan Vitamin C) dan nggak boleh dipakai setiap hari. Kalau kedua contoh dari Phoebe di atas, umumnya aman dipakai setiap hari, pagi dan malam.

 

Step #7: Sheet Mask

Kulit glowing a la K-Beauty pastinya butuh kelembapan ekstra—nggak cuma 2 kali lipat, bahkan 3 kali lipat! Ini lah fungsi utama sheet mask: memberi kelembapan ekstra, di atas hydrating toner dan essence (dan juga kalau kamu pakai serum untuk melembapkan). Bentuknya yang berupa lembaran memastikan kelembapan nggak cepat menguap dan hilang, tapi benar-benar bisa menyerap ke dalam kulit.

Umumnya, sheet mask cukup aman untuk dipakai setiap hari. Tapi, kalau kulitmu nggak kuat, bisa dikurangi jadi 3-4 kali seminggu aja. Idealnya sih, sheet mask dipakai di malam hari sebelum tidur, supaya pas lagi tidur, kulitmu nggak kehilangan kelembapan. So, kalau habis pakai sheet mask, cairan sisanya jangan dilap atau dibilas lagi, tapi ditepuk-tepuk sampai terserap kulit, ya!

Ada banyaaak banget pilihan sheet mask yang oke buat semua jenis kulit—mulai dari Oyasumi, My Beauty Diary, Jumiso, Maska, Leaders, Langsre, Naruko, dan lain sebagainya! Dipilih, yuk, dipilih…

 

Step #8: Eye Cream

Di step ke-8 ini, saatnya pakai eye cream. Sama seperti langkah-langkah tambahan dari basic skin care routine seperti essence dan sheet mask, eye cream juga nggak wajib dipakai kalau kamu merasa belum butuh, kok.

Secara umum, eye cream berfungsi untuk melembapkan sekaligus mengatasi masalah kulit di sekitar mata, misalnya kantong mata gelap (dark circles), mata bengkak (puffy), serta keriput dan garis halus. Nah, untuk panduan lebih lengkap tentang memilih eye cream yang tepat beserta kandungan-kandungan pentingnya, kamu bisa cek artikel Selamat Tinggal, Dark Circles dan Puffy Eyes!

Untuk masalah-masalah tersebut, Phoebe merekomendasikan eye serum The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG. Tips singkat dari Phoebe: kamu bisa simpan eye cream-mu di kulkas supaya terasa menyegarkan di pagi hari dan soothing di malam hari!

 

Step #9: Moisturizer

Untuk mengunci kelembapan yang udah diserap kulit (dari hydrating toner, essence, sampai sheet mask), di step ke-9 ini, kita pakai moisturizer. Ini salah satu step wajib yang juga ada di 5 step basic skin care routine, lho. Karena itu, moisturizer wajib dipakai di pagi hari waktu kulit terpapar berbagai polusi dan gangguan, serta di malam hari supaya kelembapan nggak gampang hilang dalam tidur.

Moisturizer umumnya bekerja di permukaan kulit untuk menjaga kandungan air tetap ada di dalam lapisan kulit sekaligus melindungi kulit dari zat-zat berbahaya dari luar yang bisa menyebabkan iritasi. Tapi, bukan berarti moisturizer menutup atau menyumbat pori-pori! Ada banyak pilihan moisturizer yang non-comedogenic (nggak menyumbat pori-pori), cukup ringan, tapi efektif buat menjaga kelembapan.

Misalnya, iUNIK Centella Calming Gel Cream yang recommended banget buat menenangkan dan melindungi kulit sensitif. Ia juga ramah di kulit berminyak karena nggak menyumbat pori-pori dan bisa membantu meredakan jerawat.

Kalau kulitmu cenderung lebih kering dan butuh moisturizer yang lebih kuat, Phobe bisa rekomendasiin iUNIK Beta Glucan Daily Moisture Cream. Kandungan beta glucan nggak main-main soal menjaga kelembapan, lho. Ingat, kunci kulit glowing a la K-Beauty adalah kelembapan berkali-kali lipat! Jadi, ini bisa jadi senjatamu dapetin penampilan kulit kinclong, cerah, dan sehat.

Kedua rekomendasi di atas cocok buat semua jenis kulit, kok. Bedanya, yang Centella Calming Gel Cream lebih ampuh menenangkan kulit yang meradang atau iritasi, sedangkan Beta Glucan Daily Moisture Cream ini super melembapkan.

 

Step #10: Sunscreen

Step terakhir ini cuma perlu kamu lakukan di pagi hari selama matahari bersinar. Beauties yang skin care junkies pasti tau dong, seberapa penting pakai sunscreen setiap hari? Bisa dibilang, 9 step skin care sebelum ini akan sia-sia kalau nggak ditutup dengan sunscreen.

Kulit yang terpapar matahari terancam bahaya penuaan dini, noda hitam, sunburn, bahkan sampai risiko kanker kulit. So, biar mendung dan hujan pun, jangan lupa selalu pakai sunscreen kalau mau pergi kemana-mana, ya!

Kamu boleh cobain Joylab Aqua Sun-Day SPF 50 PA++ yang teksturnya ringan dan cepat meresap supaya nggak terasa terlalu berat dan tebal di kulitmu. Ia juga memberi kelembapan yang cukup biar kulit nggak kering. Jadi, cocok buat semua jenis kulit, deh!

 

Walaupun 10 langkah ini butuh pengorbanan waktu, rangkaian skincare yang panjang ini jadi investasi kulit glowing dan sehat di masa depan!

Nggak butuh produk yang mahal-mahal kok, yang penting efektif dan dalam kadar yang aman.

Buat kamu yang udah melakukan 10 step skin care routine ini, yuk cerita di kolom komentar, gimana efeknya buat kulitmu?

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: rekomendasi skincare, skincare korea, skincare routine

Tinggalkan komentar