Perawatan Kulit Sensitif dengan Rekomendasi Skin Care Korea, Lokal, dan Barat

Mengurus kulit sensitif yang suka rewel memang sebuah perjuangan, ya. Kalau belum ketemu produk yang pas, mau nggak mau harus terus cobain macam-macam produk sampai ketemu yang cocok.

Phoebe akan kasih beberapa rekomendasi skin care yang kira-kira bisa membantu menenangkan kulit sensitifmu, nih. Biar pilihannya makin luas, Phoebe kasih macam-macam rekomendasi mulai dari produk lokal, brand skin care Korea, sampai skin care a la barat.

Selamat pilih-pilih dan mencoba! Kulit sensitifmu pasti bisa sehat dan glowing, kok!

 

 

Versi Local Pride

Beberapa rekomendasi Phoebe untuk produk-produk dari brand lokal kebanggaan Indonesia yang ramah sama kulit sensitive berikut ini bisa jadi wish-list skincare selanjutnya nih.

1. ElsheSkin Deep Cleansing for Sensitive Skin

Nasib kulit sensitif: perkara cuci muka pun bisa bikin kulit bereaksi. Karena itu, kulit sensitif harus pilih face wash yang gentle dan punya kandungan yang menenangkan. Misalnya, face wash dari ElsheSkin ini yang punya kandungan Chamomile, Panthenol, dan Aloe Vera yang memperbaiki skin barrier, meredakan peradangan, dan memberi kelembapan.

FYI, skin barrier adalah lapisan alami pelindung kulit yang ada di permukaan kulitmu. Fungsinya menjaga agar kelembapan nggak mudah menguap dari kulit dan mencegah zat-zat berbahaya dari luar masuk ke lapisan kulit sampai bikin iritasi. Skin barrier pada kulit sensitif mungkin lebih lemah, sehingga zat-zat berbahaya lebih gampang masuk dan bikin iritasi. Ketiga kandungan di atas bisa perlahan-lahan membantu skin barrier-nya kulit sensitif yang lemah jadi lebih kuat dan sehat.

 

2. Haple Premium Kaolin Clay

Memangnya ada clay mask yang aman buat kulit sensitif? Ada dong! Kandungan kaolin clay jawabannya!

Kulit sensitif yang cenderung berminyak nggak perlu bingung lagi cari cara buat menyerap minyak berlebih serta kotoran dari pori-pori dan mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit tanpa bikin wajah terlalu kering atau iritasi.

Dari brand lokal, Haple punya kaolin clay mask yang gentle, tetap efektif membersihkan pori-pori! Selain itu, kaolin clay ini juga menyeimbangkan level pH kulit di batas normal. Soalnya, level pH kulit yang terlalu tinggi atau rendah bisa makin merusak skin barrier.

Yuk, coba maskeran pakai kaolin clay mask!

 

3. For Skin’s Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA ++++

Sunscreen pastinya wajib dipakai semua jenis kulit. Tapi, kondisinya bisa cukup berat kalau kulit sensitif lupa pakai sunscreen, terus beraktivitas di luar seharian! Skin barrier kulit sensitif yang masih lemah kurang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV, akibatnya kulit lebih gampang rusak dan kena sunburn.

Batas minimal tingkat SPF sunscreen adalah 30. Nah, kulit sensitif boleh banget pakai sunscreen yang SPF-nya lebih tinggi, misalnya SPF 50. Kamu bisa cobain sunscreen dari For Skin’s Sake ini untuk dipakai sehari-hari sebelum beraktivitas di luar. Oiya, di dalamnya juga ada kandungan centella asiatica loh!

 

Versi K-Beauty (Asian)

Banyak produk skin care Korea yang memang terkenal selalu ramah sama kulit sensitif dan menenangkan. Nah, ini dia beberapa rekomendasinya biar kulit sensitif juga bisa glowing a la K-beauty!

1. iUNIK Centella Bubble Cleansing Foam

Kandungan Centella Asiatica adalah kandungan yang recommended banget buat menenangkan dan melembapkan kulit sensitif! Centella Asiatica jadi andalan buat meredakan kulit yang kemerahan, sekaligus mendorong produksi kolagen.

Kandungan ini bisa kamu temukan di face wash dari brand skin care Korea, iUNIK. Meskipun teksturnya foam, face wash ini memberi kelembapan dan bersifat pH-balanced (memiliki level pH mirip level pH normal kulit)—ini supaya skin barrier kulitmu nggak semakin terganggu dan menyebabkan iritasi. So, ini bisa jadi pilihan buat kamu yang mau membersihkan kulit dengan lembut dan efektif tanpa menghilangkan kelembapan alaminya!

 

2. Klairs Rich Moist Soothing Tencel Mask

Sheet mask dari Klairs yang satu ini sahabatnya kulit sensitif banget, deh! Kandungan utamanya adalah 5 jenis Ceramides—kandungan yang dikenal oke banget buat memperkuat skin barrier. Selain itu, sheet mask ini juga melembapkan dan menenangkan kulit lewat kandungan Aloe Vera, Panthenol, dan Hyaluronic Acid.

Nggak cuma itu aja, lembaran sheet mask-nya sendiri terbuat dari bahan yang ramah sama kulit sensitif, sehingga bisa mengurangi kemungkinan kulitmu iritasi. Hmm, kayaknya enak banget ya nempelin sheet mask yang dingin dan lembap maksimal ke kulit yang lagi rewel biar lebih kalem…

 

3. Nacific Fresh Cica Plus Clear Cream

Lagi-lagi, Phoebe mau kasih rekomendasi produk dengan kandungan Centella Asiatica, nih. Soalnya, kandungan itu memang terkenal efektif buat menenangkan dan meredakan peradangan yang sering dialami kulit sensitif.

Krim dari Nacific ini bisa kamu pakai sebagai moisturizer untuk menutup skin care routine­-mu. Selain menenangkan, ia juga memberi kelembapan yang awet dan merawat skin barrier dengan kandungan Panthenol dan Ceramides-nya. Kulit sensitif pasti happy, deh!

 

Versi Barat (Western)

Di sini, Phoebe bakal kasih tau beberapa “harta karun tersembunyi” produk-produk skin care western yang ramah kulit sensitif dan membantu menjaga kesehatannya. Keep scrolling, yuk!

1. Thayers Witch Hazel Toner – Lavender & Unscented

Ada dua varian Facial Toner Thayers yang Phoebe rekomendasiin buat kulit sensitif, yaitu varian Lavender dan varian Unscented. Kandungan lavender, selain wanginya enak, punya kemampuan membunuh bakteri dan meredakan peradangan. Tapi, karena ada kemungkinan nggak cocok, kulit sensitif juga bisa cobain varian Unscented yang bebas pewangi, sehingga potensi mengiritasi kulitnya pun rendah.

Kandungan utama Facial Toner Thayers, yaitu witch hazel, juga punya kemampuan meredakan peradangan plus antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, lho. Ia juga memberi kelembapan dari kandungan Aloe Vera dan Glycerin, serta bersifat pH-balanced yang baik untuk menjaga kesehatan skin barrier-nya kulit sensitif.

 

2. The Ordinary 100% Organic Cold Pressed Rose Hip Seed Oil

Produk face oil bisa jadi penyelamat kulit sensitif, lho. Misalnya, 100% Rose Hip Seed Oil dari The Ordinary ini. Rose hip seed oil adalah kandungan minyak yang kaya akan asam lemak omega-3 untuk memperbaiki skin barrier dengan efektif.

Rose hip seed oil juga menutrisi kulit dengan baik serta punya kemampuan menyembuhkan dan meredakan peradangan. Kandungan Vitamin C-nya ampuh sebagai antioksidan dan mendorong produksi kolagen biar kulit lembut, kenyal, dan sehat. 

Yuk, tambah produk face oil dalam skin care routine-mu!

 

3. Clinique Even Better Clinical Dark Spot Defense

 Sekali lagi, Phoebe tekankan pentingnya pakai sunscreen, terutama buat kulit sensitif! Biasanya, kulit sensitif lebih disarankan pakai physical sunscreen yang ada kandungan titanium dioxide dan zinc oxide.

Biar perlindungannya lebih kuat, kulit sensitif disarankan pakai SPF 50, misalnya kayak sunscreen dari Clinique ini. Kalau luntur, jangan lupa aplikasikan ulang, ya!

 

Gimana nih, teman-teman Phoebe’s Squad? Kira-kira, yang mana aja yang udah pernah kamu cobain? Lalu, produk mana lagi yang bakal kamu cobain?

Well, kulit sensitif memang harus penuh petualangan mencoba macam-macam produk dan kandungan, ya. Semoga dengan rekomendasi ini, kamu dan kulit sensitifmu bisa bernapas lega setelah ketemu yang oke dan cocok!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Komentar

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    qmMNBSWIDf

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    sGLSahkeVXMOJFfw

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    nHBfSlFCUzMp

Tinggalkan komentar