Perhatikan Hal Ini Sebelum Pakai Facial Toner Thayers

Beauties, setuju nggak kalau skin care itu ibarat jodoh—cocok-cocokan, beda selera satu sama lain, dan mesti sabar menunggu! Pasti kamu pernah ngalamin mencoba produk skin care yang lagi hits, kesayangan teman kamu, atau atas rekomendasi influencer dan K-pop idol-mu, tapi ternyata hasilnya samasekali nggak sesuai ekspektasi. Bener, nggak?

Ini sesuatu yang normal kok, Beauties. Produk skin care—bahkan yang didapuk sebagai produk favoritnya sejuta umat—pasti ada aja kemungkinan nggak cocok di kulit, alias belum jodoh sama kamu. Soalnya, semua produk skin care punya reaksi yang berbeda tergantung sama respon kulitmu.

Misalnya, Facial Toner Thayers, nih. Bisa aja kamu ketemu review yang suka banget sama produk ini karena menolong masalah jerawatnya. Eh, besokannya ngeliat komentar orang yang cerita pengalamannya iritasi dan kulitnya kering setelah pakai Facial Toner Thayers.

Nah, Phoebe bantu buat kamu yang kebingungan menimbang-nimbang kelebihan dan kekurangannya Facial Toner Thayers!

.

.

Witch Hazel Aman Nggak, Sih?

[EFEK #1] Witch hazel bikin kulit kering

Seperti yang udah pernah Phoebe bahasa dalam artikel Di Balik Toner Thayers: 3 Kandungan Utama, salah satu manfaat witch hazel adalah menyerap minyak berlebih di wajah. Karena minyak berlebih terangkat, pori-pori wajah jadi nggak tersumbat lagi, sehingga bisa merapat dan bikin kulit keliatan mulus-kinclong.

Manfaat ini menguntungkan banget buat kulit berminyak, tapi mungkin agak menakutkan bagi kulit kering yang memang minyak alaminya nggak terlalu banyak.

Solusinya...
1. Aloe Vera

Untuk mengatasi witch hazel menghilangkan kelembapan di kulit—baik kulit berminyak, kering, sensitif, normal, ataupun kombinasi—Thayers membuat formula unik campuran witch hazel dengan aloe vera. Caranya, potongan-potongan tanaman witch hazel dari kebun Thayers di Fairfield County, Connecticut direndam dalam air bersama dengan aloe vera sampai teksturnya melunak.

Aloe vera sendiri dikenal sebagai kandungan yang melembapkan dan jadi andalan meredakan peradangan serta menenangkan kulit. Sehingga, dalam Facial Toner Thayers, aloe vera mencegah witch hazel menghilangkan seluruh kelembapan di kulit.

2. Glycerin

Mungkin satu kandungan pelembap aja nggak cukup buat kulit kering ya? Karena itu Thayers juga punya kandungan glycerin juga dalam produk Facial Toner.

Singkatnya, glycerin ini tugasnya menarik dan mengumpulkan kandungan air dari dalam lapisan kulit dan dari udara lalu ditaruh di permukaan kulitmu.

Glycerin ini salah satu pelembap kulit yang paling efektif, lho. Kandungan ini juga merupakan kunci buat menjaga lapisan pelindung kulit (skin barrier) supaya jangan sampai rusak dan mudah iritasi.

Hasilnya…

Facial Toner Thayers punya manfaat buat masing-masing tipe kulit, nih.

  • Kulit berminyak: witch hazel menyerap minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.
  • Kulit kering: aloe vera dan glycerin memberikan kelembapan ekstra.
  • Kulit sensitif: witch hazel dan aloe vera meredakan peradangan dan glycerin menjaga lapisan pelindung kulit.
  • Kulit normal dan kombinasi: bisa menikmati semua manfaat ini juga, deh!
  • Buat semua jenis kulit: witch hazel memberikan asupan antioksidan untuk menangkal radikal bebas—kunci anti-aging dan awet muda.

 

Phoebe Says,

Sama seperti produk skin care lain pada umumnya, pemakaian Facial Toner Thayers yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi, alergi, atau reaksi yang tidak diinginkan lainnya. Jadi, tetap pakai dalam kadar secukupnya, ya. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, lho.”

 

[EFEK #2] Witch hazel terlalu keras karena melalui proses penyulingan dengan alkohol

Umumnya, dalam produk-produk yang menggunakan witch hazel, kandungannya dibuat dengan proses penyulingan. Nah, proses ini biasanya menggunakan alkohol 14%-15%.

Akibatnya, banyak orang mengira bahwa kandungan alkohol ini yang bikin kulit kering dan iritasi setelah pakai produk dengan witch hazel.

Solusinya…

Di atas tadi, Phoebe ada sebut soal potongan tanaman witch hazel yang direndam air bareng aloe vera. Yup, ini artinya proses olahan witch hazel Thayers murni organik—tanpa melalui proses penyulingan bersama alkohol sehingga produknya tergolong alcohol-free atau bebas alkohol.

Selain itu, witch hazel Thayers udah punya sertifikasi organik (certified organic) dari Departemen Pertanian pemerintah Amerika Serikat. Artinya, tanaman witch hazel-nya Thayers nggak terkontaminasi bahan-bahan kimia.

Hasilnya…

Facial Toner Thayers yang bebas alkohol dan campuran bahan kimia lainnya meminimalisir risiko iritasi kulit atau over-dry. Karena itu, produknya termasuk safe for all skin type!

 

Kandungan Pewangi Bikin Iritasi Nggak, Ya?

Pada beberapa kasus bahan pewangi buatan bisa bikin kulit alergi dan iritasi. Makanya kita sering direkomendasikan untuk pakai produk yang bebas pewangi (fragrance-free). Memang ada baiknya menghindar daripada mengobati—tips ini penting untuk menghindari kandungan pewangi buatan penyebab iritasi.

Facial Toner Thayers sendiri juga punya kandungan pewangi dalam beberapa varian produknya, antara lain:

Jadi, haruskah dihindari?

Solusinya…

Thayers mengambil pewanginya secara langsung dari tumbuhannya dan kemudian diolah secara alami—alias, tanpa ditambahin bahan-bahan kimia.

Hasilnya…

Karena alami, kandungan yang diambil dari tumbuhan itu bisa sekaligus memberikan manfaatnya buat kesehatan kulit!

  • Rose petal: mengandung Vitamin C untuk mendorong produksi kolagen dan bikin sel kulit lebih kuat, nggak gampang rusak
  • Lavender: meredakan peradangan dan membunuh bakteri, sehingga cocok buat kulit sensitif dan jerawatan
Solusi lainnya…

Kalau kulitmu memang super sensitif dan tetap iritasi setelah pakai Facial Toner Thayers yang Rose Petal atau Lavender, kamu bisa cobain varian Unscented yang nggak pakai pewangi sama sekali. Yang satu ini punya risiko iritasi yang rendah banget. So, cocok buat kulit yang sering bereaksi ekstra sensitif!

 

Toner Pelembap Kok Ada Citric Acid?

Kalau kamu perhatikan daftar kandungan Facial Toner Thayers baik-baik, mungkin kamu liat ada kandungan citric acid. Kandungan ini dikenal sebagai salah satu bentuk AHA (alpha hydroxy acids) yang fungsinya eksfoliasi.

Kalau gitu, kulit bisa tereksfoliasi dan jadi kering, dong?

Solusinya…

Nggak perlu khawatir, Beauties! Kandungan citric acid di Facial Toner Thayers dalam daftar kandungan terletak hampir di akhir. Artinya, kandungannya sedikit. Karena itu, fungsi eksfoliasinya juga nggak efektif dan hampir nggak ada.

Hasilnya…

Tapi, kandungan citric acid itu penting dalam Facial Toner Thayers, karena:

  • Berfungsi menyeimbangkan level pH formula Facial Toner Thayers
  • Tanpa citric acid, level pH produk terlalu tinggi, malah bisa menyebabkan masalah jerawat
  • Thanks to citric acid! level pH Facial Toner Thayers mirip-mirip kulit normal (4.7 – 5.75), yaitu di antara 5 – 5.5
  • Soalnya, level pH yang jauh lebih rendah atau lebih tinggi dibanding kulit normal bisa merusak kesehatan kulit.

 

Phoebe Says,

Karena kamu nggak cuma pakai satu produk skin care, kamu harus sabar ngetes kecocokan satu produk dengan yang lain. Kalau udah cocok di kulitmu, belum tentu efeknya bakal tetap se-kece itu ketika kamu pakai produk lain dalam rangkaian skin care routine kamu.”

 

Nah, itu dia uraian mendalam soal Facial Toner Thayers dari Phoebe. Memang, belanja skin care tuh lumayan ribet karena banyak banget yang harus dipertimbangkan.

Semuanya balik lagi ke manfaat utama skin care—bukan kulit glowing atau cakep aja—tapi, menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang!

Semoga artikel Phoebe ini bisa membantu kamu yang lagi galau menimbang-nimbang soal Facial Toner Thayers, ya. Curhat ke Phoebe di kolom komentar kalau masih galau soal skin care!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S. 

translation missing: id.blogs.article.tags: aloe vera, rekomendasi toner, rose petal, toner thayers, witch hazel

Tinggalkan komentar