Rekomendasi Produk untuk Merawat Kulit Kombinasi

Pakai produk untuk kulit berminyak bikin kulit kelewat kering. Tapi, kalau pakai produk untuk kulit kering, malah jadi break out jerawatan. Jadi, kulit kombinasi mesti pakai apa, dong?

Tenang aja, teman-teman Phoebe’s Squad yang struggle dengan kulit kombinasi, Phoebe bakal kasih beberapa rekomendasi produk yang seimbang—cukup ringan untuk area kulit berminyak, tapi cukup efektif melembapkan area kulit kering. Jadi, kamu nggak galau lagi pakai produk apa buat bikin kulit kombinasi glowing.

Nggak tanggung-tanggung, Phoebe kasih rekomendasi produk dari brand lokal favorit, brand skin care Korea, sampai brand western biar kamu punya banyak pilihan!

 

 

Versi Local Pride

Ini beberapa rekomendasi produk dari brand lokal yang seimbang—bisa memberi manfaat untuk kulit area berminyak sekaligus merawat area yang kering. Penasaran mau coba yang mana, nih?

1. I Trust Nature Spirulina Gel Cleanser

Dari brand lokal, I Trust Nature, kamu bisa cobain face wash yang ringan dan water-based—sehingga nggak menyumbat pori-pori area berminyak—tapi, juga nggak bikin kulit terlalu kering. Jadi, efektif membersihkan wajah, tanpa menghilangkan kelembapan alami di kulit.

Dengan kandungan spirulina dan green tea sebagai antioksidan, kulitmu bisa lebih sehat dan aman dari radikal bebas. Face wash ini juga dilengkapi licorice root extract untuk mencerahkan, serta sodium hyaluronate—kandungan yang masih bagian dari hyaluronic acid—untuk menjaga kelembapan yang awet di wajah.

.

2. Biyu Balance Glow Toner

Toner dari Biyu ini bisa jadi solusi buat kulit kombinasi yang galau milih hydrating toner atau cobain exfoliating toner, nih. Toner ini punya kandungan glycolic acid, lactic acid, dan citric acid—jadi, kamu bisa mendapat manfaat eksfoliasi yang gentle untuk kulitmu. Hasilnya, wajah bebas sel kulit mati, punya kompleksi lebih cerah, dan potensi menyumbat pori-pori pun berkurang.

Nah, untuk mencegah kulit jadi terlalu kering karena eksfoliasi, toner ini juga punya kandungan niacinamide untuk memperkuat skin barrier yang tugasnya menjaga kelembapan tetap awet di kulit, serta aloe vera yang meningkatkan kelembapan. Jadi, kamu tetap bisa mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus mempertahankan kelembapan di kulit, deh!

 

3. Raiku Beauty Anti Aging Night Cream

Biar kulit kombinasi tetap sehat, kenyal, dan terasa lembut, jangan lupa pakai moisturizer, ya. Moisturizer dari Raiku Beauty ini punya berbagai kandungan yang bisa memberi manfaat maksimal untuk kulitmu—baik di area berminyak maupun area yang kering.

Misalnya, kandungan kolagen yang bikin kulit tetap kenyal, kencang, dan awet muda. Ada juga kandungan superstar, yaitu niacinamide yang bisa menjaga kesehatan skin barrier sekaligus menyamarkan noda-noda hitam, sehingga kulit keliatan lebih cerah. Ia juga dilengkapi hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan tetap awet. Psst… area kulit berminyak yang diberi kelembapan dengan baik bisa mengurangi produksi minyak berlebih, lho!

Oh iya, meskipun nama produknya adalah “night cream”, tapi kamu boleh pakai ini di pagi hari juga kok. Tapi, habis itu wajib pakai sunscreen dengan SPF minimal 30, ya!

 

 

Versi K-Beauty (Asian)

Untuk urusan produk skin care yang gentle tapi memberi hasil yang maksimal, brand K-beauty pasti jagonya. Karena itu, produk-produknya bisa jadi solusi untuk kulit kombinasi yang suka bingung cari skin care yang cocok!

1. Nacific Fresh Herb Origin Cleansing Foam – Calendula

Skin care Korea memang terkenal akan hasilnya yang efektif, tapi tetap gentle di kulit. Salah satunya, face wash dari Nacific ini. Dengan kandungan utama Calendula yang lembut dan menenangkan, ia juga membantu membersihkan sisa-sisa kotoran dari kulit.

Jangan khawatir kulit kombinasi jadi lebih kering setelah cuci muka pakai face wash ini! Kandungan propolis dan hyaluronic acid nggak bakal membiarkan kulitmu jauh dari kelembapan, kok. Kulit bersih maksimal dan tetap halus lembap!

 

2. iUNIK Tea Tree Relief Toner

Hydrating toner dari iUNIK ini punya banyak manfaat buat kulit kombinasi. Dari kandungan tea tree-nya yang bisa meredakan peradangan dan membunuh bakteri, ia bisa membantu mencegah jerawat di area T-zone (dahi, hidung, dagu) yang lebih berminyak.

Kandungan Centella Asiatica bisa membantu memberi kelembapan serta menenangkan area kulit kering yang lagi rewel. Toner ini juga diperkaya portulaca extract yang kaya kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas dari polusi, sehingga kulitmu lebih cerah dan tetap sehat, deh!

 

3. Benton Aloe Propolis Soothing Gel

Sekali lagi, untuk moisturizer, Phoebe rekomendasikan yang teksturnya cukup ringan untuk area kulit berminyak, tapi punya kandungan pelembap yang efektif, terutama untuk merawat area kulit yang kering. Misalnya, moisturizer dengan tekstur gel dari Benton ini.

Kandungan utamanya adalah aloe vera dan propolis yang ampuh melembapkan sekaligus menenangkan kulit. Propolis sendiri juga punya kemampuan melindungi kulit dari zat-zat berbahaya di luar serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, tekstur yang mudah diserap pasti jadi favorit buat area kulit yang berminyak—sedangkan, kelembapannya yang awet bikin area kulit kering lebih happy!

 

Versi Barat (Western)

Berikut ini skin care a la western yang bisa membantu merawat kulit kombinasi biar lebih glowing dan flawless!

1. Thayers Witch Hazel Toner – Rose Petal

Memang nggak gampang nyari produk yang bisa mengangkat minyak berlebih tapi juga mengembalikan kelembapan yang dibutuhkan kulit—tapi nggak mustahil, kok. Ada facial toner dari Thayers yang punya kandungan utama witch hazel untuk menyerap minyak berlebih, serta aloe vera dan glycerin yang bikin kulit lembap maksimal!

Khusus varian Rose Petal ini, ada juga kandungan Vitamin C dari rose petal-nya, lho. Vitamin C itu terkenal sebagai kandungan untuk mencerahkan kulit, antioksidan, hingga bisa mendorong produksi kolagen. Pokoknya, kulit jadi lebih segar deh, sehabis pakai facial toner Thayers ini!

 

2. The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

Ini dia produk andalan untuk meratakan kompleksi kulit yang punya noda hitam atau merah! Serum dari The Ordinary ini punya kandungan utama alpha arbutin yang efektif banget menyamarkan noda-noda di wajah, sehingga kulit keliatan lebih mulus dan flawless.

No worries, buat kulit kombinasi yang suka cemas area kulit keringnya terabaikan, serum ini dilengkapi hyaluronic acid juga, kok. Sehingga, kelembapan di kulit tetap terjaga, dan kulit kombinasi bisa glowing maksimal!

 

3. Aztec Secret Indian Healing Clay

Pernah dengar metode multi-masking? Metode ini cocok banget buat kulit kombinasi, soalnya menggunakan 2 jenis masker yang berbeda dalam waktu bersamaan, tapi di area yang terpisah.

Misalnya, di T-zone yang lebih berminyak, kamu pakai clay mask untuk mengangkat minyak berlebih dan blackhead. Tapi, karena takut clay mask bikin area pipi lebih kering, kamu boleh pakai masker memberi kelembapan, kayak masker gel atau krim yang bisa dibilas. Jadi, bisa hemat waktu, hemat produk, dan bikin kulit kombinasi lebih seimbang.

Buat clay mask-nya, andalan Phoebe adalah masker dari Aztec Secret ini yang ampuh banget mengangkat minyak dan kotoran, sehingga mencegah adanya penyumbatan pori-pori yang berujung masalah jerawat.

 

Sekian rekomendasi produk skin care lokal, Korea, dan western yang bisa kulit kombinasi cobain! Jangan khawatir, memang butuh waktu untuk menemukan produk yang pas buat kulit kombinasi. Pokoknya, tetap sabar, jangan patah semangat, dan utamakan yang sehat buat kulitmu.

Oh iya, kalau kamu punya rahasia untuk bikin kulit kombinasi makin sehat dan glowing maksimal, share sama Phoebe di kolom komentar, yaa~

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar