Selamat Tinggal, Dark Circles dan Puffy Eyes!

Kulit udah mulus, sehat, glowing… Duh, tapi kantong mata gelap kok ganggu banget, ya? Jadi keliatan capek dan nggak segar. Padahal, udah beauty sleep dan rajin minum air putih, kok.

Gimana ya, cara memperbaiki penampilan kantong mata?

 

Pertama-tama, kamu harus tau kalau kulit di area mata itu memang lebih tipis dibanding kulit di area lainnya. Karena itu, kulit di area ini lebih rapuh, cepat kendur, dan bisa keliatan cekung. Akibatnya, kulit di area mata jadi tempat pertama tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus, mulai muncul.

Selain kerutan dan garis halus, mungkin kita juga sering mengalami kantong mata gelap (dark circles) atau bengkak (puffy). Ini bisa disebabkan berbagai macam hal, lho—mulai dari faktor genetik, kurang tidur, alergi, terpapar matahari, proses aging pada umumnya, sampai kebanyakan konsumsi makanan yang asin-asin.

Emang sih kalo udah genetik, nggak bisa dihindari. Tapi, setidaknya kamu bisa mengurangi penampilan kantong mata gelap dan puffy, serta menyamarkan garis-garis halus dan keriput di sekitar mata.

Berikut ini beberapa tips dari Phoebe biar area mata tampak lebih cerah dan segar! Bye-bye, dark circles!

 

.

Tips #1: Beauty Sleep

Ketika kamu tidur, ini waktunya sel-sel kulit memperbarui diri! Ini juga saatnya sel kulitmu menghasilkan kolagen dan elastin. FYI, kedua kandungan ini lah yang bikin kulitmu kenyal dan cerah.

Kalau beauty sleep-mu nggak cukup, waktu buat sel kulit untuk memulihkan diri juga jadi terlalu singkat. Hasilnya, kulitmu—terutama di area mata yang kekurangan kolagen dan elastin—jadi sayu, gelap, dan cekung.

Kurangnya kandungan kolagen juga bisa jadi penyebab cairan menumpuk di area sekitar mata. Nah, ini dia yang bikin mata puffy atau bengkak.

So, always get your beauty sleep ya, Beauties!

 

Tips #2: Pilih Eye Cream yang Tepat

Pakai moisturizer aja mungkin kurang efektif buat kesehatan kulit area mata. Balik lagi, ini karena kulit mata strukturnya lebih tipis dan rapuh. Yuk, mulai perkenalkan eye cream ke skin care routine-mu!

Sebutan populernya memang “eye cream”, tapi ada juga yang teksturnya lebih ringan, yaitu eye gel dan eye serum. Eye cream teksturnya lebih berat dan kaya kandungan minyak, sehingga cocok buat kulit area mata yang kering dan mau menyamarkan kerutan dan garis halus.

Tekstur eye gel lebih cair dan ringan dibanding eye cream. Ia kaya kandungan air, cocok buat menyegarkan area mata dan meredakan mata yang puffy. Misalnya, For Skin's Sake Stimulate Matrixyl 3000™ Eye Gel atau Callista Eye Contour Gel.

Eye serum lebih cair dan ringan lagi dibanding eye gel. Biasanya, kandungannya lebih padat dan terkonsentrasi, sehingga bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit matamu—baik untuk mencerahkan kantong mata gelap, meredakan bengkak, ataupun mengurangi penampilan kerutan dan garis halus. Contohnya, The Bath Box Eye Essential Serum in Jar dan Azarine C White Eyeluminate Firming Serum.

Nggak kayak moisturizer, memilih antara eye cream, eye gel, atau eye serum nggak perlu disesuaikan dengan tipe kulit kita. Soalnya, meskipun kulitmu berminyak atau kombinasi, area di bawah mata pasti lebih kering. Nah, kamu bisa pilih sesuai masalah yang ingin kamu atasi atau berdasarkan manfaat kandungannya.

Ini dia beberapa kandungan yang sering digunakan dalam produk eye cream, eye gel, atau eye serum:

  • Retinol punya manfaat mendorong produksi kolagen biar kulit lebih kuat, kenyal, dan bebas kerutan atau garis halus. Selain itu, retinol juga mendorong sel kulit baru tumbuh menggantikan sel kulit mati—hasilnya, kulit lebih sehat, segar, dan cerah.
  • Hyaluronic acid pastinya buat melembapkan, dong! Kandungan ini juga membantu kulit di area mata keliatan lebih segar dan nggak cekung lagi. Kamu bisa cobain Benton Fermentation Eye Cream dan Pyunkang Yul Eye Cream.
  • Neuropeptides bisa jadi pengganti buat kulitmu yang nggak kuat pakai retinol. Manfaatnya juga mirip, yaitu mendorong produksi kolagen dan elastin. Peptides juga mencerahkan dan melembapkan area bawah mata. Khasiat peptides bisa dicoba dalam Nacific Fresh Herb Origin Eye Cream – Calendula, nih.
  • Kafein—kandungan yang banyak ditemukan dalam green tea—bisa membantu meredakan mata puffy dengan cara mengecilkan pembuluh darah yang melebar, yang menyebabkan kulit keliatan bengkak. Kandungan ini bisa ditemukan di The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG atau Kiehl’s Powerful Wrinkle Reducing Eye Cream.
  • Alpha Lipoic Acid adalah kandungan antioksidan—resep anti-aging! Kandungan ini juga dikenal bisa mengurangi tanda-tanda penuaan, kayak keriput dan garis halus.

Psst… Phoebe punya trik buat pakai eye cream, eye gel, atau eye serum, nih! Biar mata lebih segar, kamu bisa letakkan produknya dalam kulkas pada malam sebelumnya. Jadi di pagi hari, pas mau pakai, ada sensasi sejuk dan menyegarkan. Nggak cuma itu, produk yang dingin bisa lebih efektif mengurangi bengkaknya mata puffy, lho.

 

Tips #3: Pakai Eye Mask atau Under-eye Patch

Ini mirip kayak sheet mask mini, khusus buat area bawah mata. Cara kerjanya juga kurang-lebih sama, yaitu lembaran masker mencegah kandungan cepat menguap dan hilang, tapi benar-benar bisa menyerap ke dalam kulit.

Tergantung kandungannya—yang juga mirip-mirip eye cream, eye gel, dan eye serum di atas, sih—eye mask atau under-eye patch bisa menargetkan masalah yang kamu ingin atasi. Baik itu masalah kerutan dan garis halus, kantong mata gelap, maupun mata puffy.

Selama 15-20 menit pemakaian, kamu bisa gunakan under-eye patch sambil pakai makeup, lho. Karena bentuknya yang mengikuti lekukan mata, under-eye patch bisa membantu menjaga eyeshadow-mu supaya nggak berantakan.

Oh iya, tapi sebelumnya, kamu harus pastikan bagian bawah mata—tempat kamu pakai under-eye patch ini—masih bersih dari makeup, ya.

Nah, dari Phoebe, kamu boleh cobain beragam varian Maska Eye Mask Patch atau Skinaz Incha Gold HydroGel Eye Patch.

 

Tips #4: Lindungi dari Matahari

Paparan sinar matahari itu penyebab utama penuaan dini lho, Beauties! Belum berumur lanjut, tapi udah banyak keriput dan garis halus? Pasti karena sering kena matahari dan nggak dilindungi pakai sunscreen.

Mungkin buat kulit area mata, nggak bisa pakai sunscreen, ya. Kamu bisa akalin dengan pakai eye cream yang ada SPF-nya. Kalau nggak, mungkin bisa lindungi pakai kacamata hitam atau topi—nggak cuma biar stylish, tapi juga menjaga kesehatan kulit mata!

 

Tips #5: Kurangi Makanan Asin

Makanan yang asin-asin biasanya mengandung banyak sodium. Nah, sodium tuh sifatnya menahan air. Kalau kamu kebanyakan makan asin tapi nggak diseimbangi minum air putih yang cukup, sodium akan menahan kandungan air, salah satunya di area bawah mata—jadi, keliatan bengkak dan puffy gitu, deh!

Kalau emang lagi kepengen makan yang asin-asin, jangan kebanyakan, ya. Ingat! Minum air putih yang banyak dan imbangi dengan makanan sehat.

 

So, apakah masalah kantong matamu sudah terjawab? Hopefully, kamu bisa menemukan produk skin care buat area mata yang cocok, dan bisa update skin care routine-mu, deh.

Tinggalkan pertanyaan-pertanyaanmu seputar kulit mata dan cara merawatnya di kolom komentar ya, Beauties!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: dark circles, eye cream, eye mask, eye serum, penuaan dini, retinol

Tinggalkan komentar