Self-care Kit 101: Glowing Inside and Outside For Oily Skin

Punya kulit berminyak bikin kamu malas pakai skincare dan sebel sama kulit sendiri? Say no more!

Phoebe mau ajak teman-teman Phoebe’s Squad yang punya kulit berminyak buat istirahat sejenak, rileks, dan ingat-ingat pentingnya menciptakan momen spesial untuk self-love. Yuk, intip ide-ide aktivitas yang bisa dilakukan sambil merawat dan mengatasi masalah-masalah kulit berminyak.

Let’s spend our pampering day together~

 

 

1. Sarapan Banana Smoothie

Setelah morning skin care routine, waktunya sarapan! Nah, kamu bisa coba bikin menu sarapan sehat dengan smoothie dari pisang dan oats. Selain enak, pisang dan oats diketahui bisa membantu bikin kulit berminyak lebih sehat, lho.

Pisang dan oats yang kaya kandungan serat memberi nutrisi dan bisa membantu mendorong proses detoks untuk membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh. Hasilnya, kulit lebih sehat, nggak sering jerawatan, dan bisa keliatan lebih glowing!

 

2. Natural Beauty Time

Pampering day ini bisa jadi waktu yang tepat untuk membiarkan kulitmu rehat dari makeup. Meskipun nggak selalu pakai makeup full face—lengkap dengan primer, foundation, bronzer, dan lain sebagainya—ada baiknya biarkan kulitmu nggak terganggu lapisan makeup.

Soalnya, beda dengan skin care yang kandungannya diserap ke dalam kulit, makeup berfungsi di atas permukaan kulit dan kadang bisa menyebabkan pori-pori nggak bebas—akibatnya, sebum berlebih jadi menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. So, di momen pampering day-mu, let your natural beauty shine!

 

3. Ganti Sprei Baru

Kalau di hari-hari lain belum sempat atau nggak ada waktu, pampering day lah hari yang tepat untuk mengganti sprei dan sarung bantal.

Meskipun sepele, ganti sprei dan sarung bantal bisa jadi bentuk self-love juga, lho. Soalnya, selama kita tidur, pasti ada sel-sel kulit mati yang rontok dan jatuh di sprei—kalo kelamaan nggak diganti, sprei dan sarung bantal bisa jadi sarang bakteri.

Nah, kulit berminyak pastinya harus hati-hati banget sama bakteri dan kotoran. Takutnya, menyumbat pori-pori bareng sebum yang bikin jerawat muncul. Karena itu, jangan tunda-tunda ganti sprei dan sarung bantalmu, ya!

 

4. Dengar Lagu, Olah Raga, dan Hobi Lainnya

Pernah dengar kalau stress bisa memicu kulit makin berminyak dan jadi jerawatan? Ini bukan mitos, lho. Kondisi pikiran yang stress bisa bikin hormon di tubuh nggak seimbang—salah satunya adalah kelebihan hormon kortisol, yang juga bisa menyebabkan produksi sebum berlebih.

Gunakan momen pampering day-mu untuk meredam stress dengan melakukan hobi favoritmu! Misalnya, mendengarkan lagu dari penyanyi kesukaanmu, olah raga, melukis, baca buku, dan aktivitas lainnya yang bikin kamu happy!

 

5. Clay Mask sambil Mewarnai

Yang satu ini nggak ketinggalan dalam kegiatan pampering day: maskeran! Clay mask adalah jenis masker favorit buat kulit berminyak, soalnya ia punya khasiat menyerap minyak berlebih serta kotoran di permukaan kulit. Hasilnya, bisa mencegah munculnya jerawat karena pori-pori bersih dari minyak dan kotoran.

Kamu boleh cobain Aztec Secret Indian Healing Clay. Untuk kulit berminyak, kamu boleh pakai clay mask ini 15-20 menit sebelum dibilas. Sambil nunggu masker mengering di wajah, Phoebe rekomendasiin kegiatan yang bisa bikin pikiran yang stress lebih rileks, yaitu mewarnai! Bukan kayak anak TK—kamu bisa coba cari buku mewarnai untuk orang dewasa.

Kalau nggak suka mewarnai, kamu boleh lakukan kerajinan tangan lainnya, kayak merajut atau origami. Menurut studi, aktivitas kerajinan tangan tuh membantu banget buat meredam stress. So, no more stress dan no more minyak berlebih di wajah!

 

6. Skin Care-an

Pampering day bukan berarti kamu boleh males-malesan pakai skin care routine, ya. Justru, skin care routine yang kamu lakukan tiap hari itu salah satu bentuk self-love, lho.

Untuk momen spesial pampering day-nya teman-teman Phoebe Squad dengan kulit berminyak, Phoebe mau rekomendasiin beberapa produk skin care yang bisa mendukung program pampering day untuk self-love kamu, nih—sekalian mengatasi minyak berlebih yang bikin pusing~

Produk satu ini terfavorit teman-teman Phoebe Squad dengan kulit berminyak: The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%! Hayo… Pasti udah pada kenal kan sama khasiat produk ini? Yang paling disukai sih khasiatnya meregulasi produksi sebum, biar yang tadinya berlebih, perlahan-lahan berkurang sampai kadar normal. Luv banget deh, buat yang satu ini!

Yang kedua, Thayers Rose Petal Toning Towlettes yang bisa jadi penolong buat kulit berminyak yang hidupnya anti-ribet! Toning Towlettes Thayers ini berbentuk kayak tissue basah yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah. Dengan kemasan yang gampang dibawa kemana-mana, Toning Towlettes bisa dipakai di mana aja ketika kamu merasa kulit mulai kusam karena kebanyakan minyak. Soalnya, kandungan witch hazel-nya efektif banget buat menyerap minyak berlebih.

Haum LCID Salicylic Acid 2% dikenal sebagai serum lokal sahabat kulit berminyak. Kandungan utamanya, yaitu salicylic acid, ampuh membersihkan sel kulit mati ke dalam pori-pori, mencegah penyumbatan, dan mencegah jerawat. Dengan tekstur yang gampang diserap kulit dan nggak lengket, serum ini pasti bikin kulit berminyak lebih happy.

Setelah pakai serum, kulit berminyak tetap butuh pakai moisturizer, lho. Biar nggak terlalu berat dan menyumbat pori-pori, cari yang teskturnya ringan, contohnya iUNIK Centella Calming Gel Cream. Dengan kandungan Centella Asiatica untuk melembapkan dan menenangkan kulit dan Tea Tree untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, kulit berminyak bisa glowing bebas ancaman jerawat!

 

Wah, rasanya nggak sabar ya untuk segera melakukan aktivitas dari rekomendasi Phoebe di atas! Aktivitas mana nih yang mau kamu lakukan di akhir pekan biar kulitmu bisa makin happy?

It’s okay to take a break for a while. Your body, your skin, and you will thank for it later.

Love, Phoebe

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: clay mask, kulit berminyak, oily skin, rekomendasi skincare

Tinggalkan komentar