Self-care Kit 101: Merawat Kulit Kombinasi

Merawat kulit kering udah lumayan repot, menjaga kulit berminyak juga cukup tricky. Nah, kalau disuruh merawat keduanya? Itulah yang dihadapi kulit kombinasi—harus bikin area kulitnya yang kering tetap lembap, tanpa bikin area kulit yang berminyak break out jerawatan.

Karena Phoebe paham perjuangan teman-teman yang punya kulit setengah berminyak setengah kering, Phoebe bakal nemenin kalian dalam petualangan self-care dan pampering day yang didedikasikan untuk perawatan kulit kombinasi.

Let’s give love for ourselves and our skin, too!

 

 

1. Jajan Korean Food

Makanan bisa jadi cara menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh. Nah, salah satu jenis makanan yang baik untuk pencernaan dan mendukung kulit glowing adalah makanan hasil fermentasi—misalnya, kimchi yang terbuat dari sayur kubis yang difermentasi.

Nah, kalau dari kemarin kamu udah ngidam makan Korean food, momen self-care day bisa jadi alasan buat memanjakan lidah dan perutmu ke restoran Korea favoritmu, nih. Jangan lupa pesan kimchi-nya, biar sambil makan, sambil skin care-an juga demi kulit kombinasi yang glowing!

 

2. DIY Es Krim Semangka

Siang-siang, panas, takut skin care yang abis dipake tadi pagi luntur karena keringat… Ademin pakai es krim semangka bikinan sendiri, yuk!

Don’t worry, bikinnya nggak susah, kok. Cuma butuh semangka yang udah kamu potong-potong malam sebelumnya dan udah dibekukan di freezer. Terus, pakai blender untuk menghaluskan potongan-potongan semangka beku itu sampai teksturnya agak lembut, tapi masih agak padat dan nggak terlalu cair. Biar makin enak dan segar, kamu bisa tambahin madu atau perasan jeruk nipis.

Semangka kaya akan kandungan Vitamin A dan C yang bisa berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, keduanya juga mendorong produksi kolagen, biar kulit awet muda, kenyal, dan sehat. Siapa yang bakal menolak kulit flawless gitu, ya?

 

3. Coba Yoga dan Meditasi

Kondisi stress bisa bikin kulit kombinasi lumayan kacau. Ini karena stress memicu aktivitas hormon di tubuh jadi nggak seimbang, yang berakibat pada kondisi kulit kombinasi yang makin nggak seimbang juga.

Salah satu cara meredam stress adalah dengan melakukan yoga dan meditasi. Singkatnya, kedua aktivitas ini membantu kamu unplug atau keluar sejenak dari ruwetnya pikiran dan situasi sekitar. Melalui yoga dan meditasi (nggak usah lama-lama 10-15 menit sehari aja cukup), kamu bisa mengistirahatkan pikiranmu sejenak sambil rileks. Kalau kamu, punya cara apa untuk meredam stress?

 

4. Work Out, Yuk!

Nah, kalau kamu orangnya nggak bisa diam dan ingin terus aktif bergerak, kamu juga bisa menurunkan stress dengan olah raga atau work out, lho. Ketika work out, tubuhmu mengeluarkan endorfin yang bisa membantu meredakan stress dan bikin kamu merasa lebih happy. Bebas stress, hormon lebih stabil, dan kulit kombinasi lebih mudah dirawat, deh!

 

5. Pakai 2 Macam Masker

Karena maskeran nggak boleh ketinggalan dari rangkaian momen self-care dan pampering day, ada tips unik buat kulit kombinasi yang mau maskeran, nih: kamu boleh pakai 2 macam masker dalam waktu yang sama!

Misalnya, kalau kulitmu cenderung berminyak di area T-zone (dahi, hidung, dagu), kamu boleh aplikasikan masker clay yang bisa mengangkat minyak berlebih di area tersebut. Di area pipi yang lebih kering, kamu bisa aplikasikan masker gel atau krim untuk meningkatkan kadar kelembapan di sana.

Untuk masker clay di area yang berminyak, kamu bisa coba Aztec Secret Indian Healing Clay atau Naruko Tea Tree Purifying Clay Mask & Cleanser in 1. Untuk yang melembapkan, ada I Trust Nature Fruit Gel Mask serta Beau Youth Mask.

 

6. Skin Care-an

Skin care is self-care! Jadi, jangan lupakan skin care routine-mu ketika menikmati self-care dan pampering day, ya.

Buat kulit kombinasi, biar area yang berminyak dan area yang kering sama-sama happy, Phoebe rekomendasiin produk skin care dengan kandungan humectant—yaitu kandungan yang bekerja seperti magnet yang menarik air dari dalam lapisan kulit dan dari udara sekitar untuk memberi kelembapan di permukaan kulit.

Ini tentunya bermanfaat banget buat area kulit yang kering karena bisa memberi kelembapan. Lebih dari itu, kandungan humectant juga bermanfaat buat area kulit yang berminyak karena efektif melembapkan tanpa menambahkan kandungan minyak atau oil yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Beberapa kandungan humectant yang paling umum ditemui dalam produk skin care misalnya glycerin, hyaluronic acid, dan aloe vera. Kandungan-kandungan ini bisa kamu temui mulai dari face wash Iunik Centella Bubble Cleansing Foam, toner dari Thayers Witch Hazel Toner – Original, produk serum Radi Skin Hyaluronic Acid Moist Serum, hingga moisturizer Bhumi G-Alpine Hydra Lock Moisturizer.

 

Itu dia tips 2-in-1, self-care sambil skin care kulit kombinasi, dari Phoebe! Stay healthy and stay safe, yaa.

Don’t forget to care for yourself—your body, mind, and spirit.

Love, Phoebe

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar