Skin Care Routine untuk Kulit Kombinasi

Meskipun ini adalah tipe kulit yang paling umum dimiliki orang-orang, kulit kombinasi memang membingungkan, deh. Sebagian area muka bisa berminyak, sebagian lagi malah kering. Kalau pakai produk untuk mengangkat minyak, area yang kering jadi mengelupas. Tapi, kalau lagi mau melembapkan, area yang berminyak jadi jerawatan.

Agak ribet dan bikin kesel ya~

Walaupun begitu, Phoebe akan kasih tau cara merawat kulit kombinasi supaya area kulit yang kering dan berminyak bisa sama-sama happy.

 

Kenali Dulu Penyebab Kulit Berminyak dan Kering

Penyebab utama kulit berminyak atau kering adalah kelenjar sebaceous. Kelenjar ini tugasnya menghasilkan sebum (minyak) untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat, serta melindungi sel kulit dari infeksi.

Pada kulit kering, kelenjar sebaceous kurang banyak menghasilkan sebum. Sebaliknya, pada kulit berminyak, sebum berlebih. Nah, pada kulit kombinasi, sebum nggak tersebar merata ke seluruh area kulit. Karena itu, ada area yang berminyak (biasanya area t-zone, yaitu area dahi, hidung, sampai dagu) dan yang kering (biasanya area pipi).

Ada banyak faktor yang bikin kulit jadi semakin kering dan berminyak, misalnya pola makan, cuaca, usia, dan produk skin care yang nggak cocok. Nah, kamu bisa langsung cari tau lebih lengkap soal kulit berminyak dan kulit kering di artikel Phoebe lainnya, ya.

 

Tips Skin Care Kulit Kombinasi

1. Seimbangkan dengan toner

Setelah cuci muka dengan cleanser yang lembut, pakai toner supaya kulit kombinasimu kembali seimbang. Kuncinya adalah produk toner yang formulanya bisa bikin kulit terhidrasi dan mengurangi minyak secara berbarengan. Hindari toner yang mengandung alkohol, ya, bisa-bisa kulitmu semakin kering dan mengelupas.

Rekomendasi Produk:

  • Biyu Balance Glow Toner 60ml
  • Thayers Witch Hazel Toner 89ml – Unscented
  • Kiehl’s Ultra Facial Toner 40ml
  • Langsre Very Berry 80 Smoothing Toner 120ml

 

2. Eksfoliasi

Jangan ragu mengeksfoliasi kulit kombinasi. Nggak perlu sering-sering, coba mulai eksfoliasi seminggu sekali supaya bagian kulitmu yang kering nggak iritasi. Perlu diingat, eksfoliasi itu penting banget untuk membersihkan sel-sel kulit mati supaya nggak menumpuk di kulitmu.

Rekomendasi Produk:

  • Trilogy Gentle Facial Exfoliant 75ml
  • Clinique Clarifying Lotion 3 Combination Oily/Mixte A Grasse /200ml
  • Kiehl’s Rare Earth Deep Pore Cleanser 30ml

 

3. Boleh pakai beberapa masker wajah sekaligus

Karena kulitmu terbagi jadi dua tipe (kering dan berminyak), kamu jadi boleh pakai dua produk yang berbeda pas maskeran, lho. Metode ini biasa disebut multi-masking.

Misalnya, kamu mau pakai masker clay di T-zone (area dahi, hidung, sampai dagu) supaya minyak berlebih bisa terserap. Sedangkan, untuk area pipi yang cenderung kering, kamu bisa pakai masker yang memberi kelembapan.

Rekomendasi Produk:

  • Haple Premium Kaolin Clay mask 75gr
  • Dr.Jart+ Water Fuse Hydro Sleep Mask 50gr
  • Joylab Cool Clay Pore Mask 50ml

 

4. Harus tetap pakai moisturizer

Sebaiknya moisturizer tetap dipakai di seluruh area wajah, nggak cuma di area yang kering. “Syarat-syarat” moisturizer buat kulit kombinasi memang lumayan banyak, yaitu produk yang water-based, oil-free, non-alcohol, dan non-comedogenic.

Rekomendasi Produk:

  • Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel 125ml
  • Benton Aloe Propolis Soothing Gel 100ml
  • Pyunkang Yul Balancing Gel 100ml

 

5. AHA dan BHA

Fungsi utama kandungan AHA adalah eksfoliasi. Secara khusus, ia mengangkat lapisan kulit terluar. Hasilnya, kulitmu lebih halus, lebih lembap, dan corak warnanya merata. Kandungan ini bisa kamu pakai di area kulit wajahmu yang kering.

Kandungan BHA juga berfungsi untuk eksfoliasi. Bedanya, kandungan ini tidak hanya bekerja di permukaan, ia masuk ke dalam pori-pori dan mengangkat kotoran di dalamnya. Karena itu, kandungan BHA efektif untuk area kulitmu yang berminyak.

Untuk kulit kombinasi, kamu bisa pakai produk dengan kandungan AHA dan BHA selang-seling setiap harinya. Sebaiknya, mereka nggak dipakai dalam waktu yang sama karena bisa memicu iritasi dan membuat kulit semakin kering. Kamu bisa mengakalinya memakai AHA di pagi hari dan BHA di malam hari atau AHA di hari pertama dan BHA di hari kedua. 

Rekomendasi Produk:

  • Azarine C White Brightening Facial Cleanser 60ml
  • Biyu Gentle AHA Serum 10ml
  • Benton Aloe BHA Skin Toner 200ml

 

Itu dia tentang kulit kombinasi, Beauties. Kalau kamu sudah paham apa yang kulitmu inginkan, nggak susah, kok, merawat kulit kombinasi supaya keliatan glowing. Nah, satu lagi saran Phoebe buat kamu, jangan lupa jaga pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup karena skin goals juga butuh self-love, lho!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar