Tips Kulit Kering Lembap Maksimal

Kulit kusam, kasar, pecah-pecah karena kering bikin kamu mau langsung terjun ke lautan moisturizer aja? Sabar, ya, Beauties. Yuk, Phoebe ajak kamu memahami apa sih yang diinginkan kulit keringmu.

 

Penyebab Kulit Kering

Kulit punya kelenjar sebaceous yang tugasnya menghasilkan sebum (minyak). Sebum sendiri juga punya tugas penting yaitu menjaga kulit tetap lembap dan sehat, serta melindungi sel kulit dari infeksi.

Kalau kamu punya tipe kulit kering, itu karena kulitmu kekurangan sebum. Nah, ini bisa menyebabkan kulit terasa kencang, kasar, gatal, dan kusam. Lebih jauh lagi, kamu mungkin pernah mengalami kulit jadi merah-merah bahkan  mengelupas.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini biar kulit nggak makin kering.

 

1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin B6 dan zinc bisa bikin kulit keringmu yang pecah-pecah nggak kunjung sembuh, lho. Kamu bisa dapatkan banyak kandungan tersebut di sayur bayam, daging ayam, ikan, sapi, serta sayur dan buah lainnya.

 

2. Produk kulit yang terlalu keras

Mungkin selama ini kamu nggak sadar kalau ada kandungan pewangi dan alkohol di dalam sabunmu dan produk kecantikan lainnya yang biasa kamu pakai. Kamu harus mulai cermat dalam memilih produk untuk kulitmu.

 

3. Terlalu sering cuci muka

Secara umum, air itu bisa menghilangkan lapisan minyak di kulitmu. Jadi, batasi jadwal cuci mukamu jadi pagi dan malam saja, serta gunakan cleanser yang lembut dan sesuai dengan kebutuhan kulit keringmu.

 

4. Cuaca

Kalau kamu tinggal di tempat yang cuacanya lebih sering dingin dan kering, kulitmu mungkin bisa jadi lebih kering. Kadar kelembapan di udara yang sedikit tentunya memengaruhi kulitmu bisa bikin kulitmu kering.

 

Cara Menjaga Kelembapan Kulit Kering

1. Cuci muka dengan bahan yang lembut dan ringan

Memilih produk cuci muka untuk kulit kering memang lumayan tricky. Hindari produk dengan pewangi dan alkohol yang dapat menyebabkan iritasi. Cari produk yang mengandung glycerin dan hyaluronic acid yang bisa menahan air dan membantu melembapkan kulitmu.

Rekomendasi Produk:

  • The Bath Box 40% Pure Honey Moisturizing Facial Wash 100ml
  • Trilogy Cream Cleanser 100ml
  • Kiehl’s Ultra Facial Cleanser 150ml

 

2. Langsung pakai moisturizer

Ini dia si penyelamat kulit kering! Biar bisa bekerja optimal, pakai moisturizer-mu sesegera mungkin setelah selesai cuci muka, waktu kulitmu masih lembap dan agak basah. Biar kelembapan kulit bertahan lama, kamu bisa juga nih gunakan moisturizer yang teksturnya cream.

Rekomendasi Produk:

  • Bhumi G-Alpine Hydra Lock Moisturizer Travel Size 20gr
  • Olivarrier Dual Moist Comfort Cream 75ml
  • Dr. Jart+ New Ceramidin Cream 50mL

 

3. Eksfoliasi

Kulit kering juga butuh eksfoliasi, lho. Eksfoliasi adalah treatment yang penting buat kulit kering untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit bisa kelihatan lebih glowing. Tapi, hati-hati, jangan sampai kelebihan eksfoliasi, ya. Coba mulai lakukan seminggu sekali saja dulu, Beauties.

Rekomendasi Produk:

  • Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Wine – 30 Pads
  • Trilogy Gentle Facial Exfoliant 75ml
  • Aqua+ Series Smoothing Bright Soft Scrub Essence 30ml

 

4. Ceramides

Sebenarnya, ceramides adalah lapisan lemak yang sudah ada di kulitmu, tugasnya menahan kelembapan, membuat kulit terasa halus, dan melindungi kulit dari polusi. Jadi, kandungan ini penting banget buat kulit kering. Cari produk skin care dengan kandungan ceramides supaya kulit keringmu juga bisa glowing!

Rekomendasi Produk:

  • Skin Dewi Raspberry Hydrating Cleansing Milk 150gr
  • Dr. Jart+ New Ceramidin Liquid 150ml
  • Kleveru Ceramide Glow Hydrate Facial Oil 20ml

 

5. Pakai sunscreen

Pemakaian sunscreen pastinya wajib dan penting buat semua tipe kulit. Buat kulit kering, terpapar sinar UV bisa bikin kulit gagal menjaga kelembapannya, jadinya kulit semakin kering. Pakai sunscreen dengan minimal SPF 30. Kamu boleh oleskan ulang sunscreen-mu setiap kurang lebih 2 jam.

Rekomendasi Produk:

 

6. Gunakan face mist

Siapa yang suka bawa face mist lalu disemprot ke muka pas lagi ngantuk biar segar? Menggunakan face mist dengan kandungan yang ramah dengan kulit kering bisa membantu kamu menyegarkan kulit yang terasa kencang dan kusam, lho. Coba cek, face mist­-mu sudah mengandung glycerin dan hyaluronic acid belum?

Rekomendasi Produk:

  • Raiku Hydrating Mist 100ml
  • Benton Tea Tree Mist 80ml
  • Heimish Bulgarian Rose Water Mist Serum 55ml

 

Kira-kira keluhan apalagi yang kamu punya soal kulit keringmu? Semoga tips dari Phoebe di atas bisa bantu mengurangi keluh kesah akan kulit keringmu ya, Beauties!

Yuk, ceritakan pengalamanmu dengan kulit kering di kolom komentar!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar