Yang Harus Diperhatikan Kulit Sensitif

Kulit sensitif bisa dibilang tipe kulit yang cukup melelahkan karena kita harus lebih hati-hati dan sabar. Tapi, jangan putus asa! Kalau kamu rela meluangkan waktu untuk menyayangi kulitmu, skin goals­-mu pasti tercapai.

Coba baca penjelasan Phoebe berikut ini supaya pengetahuanmu tentang kulit sensitif semakin luas, jadi kamu tau apa yang harus kamu lakukan buat merawatnya.


Apa yang Bikin Kulit Sensitif?

1. Lapisan pelindung kulit terlalu tipis

Kulit kita punya lapisan lemak yang tugasnya menjaga kelembapan di dalam kulit dan menjaga supaya zat-zat yang bisa merusak kulit (polusi, sinar UV, bahan kimia yang merugikan, dan lainnya) nggak bisa masuk.

Nah, pada kulit sensitif, kemungkinan besar lapisan pelindung ini terlalu tipis dan mudah rusak. Karena itu, zat-zat yang merugikan itu bisa lebih gampang masuk dan bikin kulit iritasi.

2. Reaksi sistem imun

Setelah zat-zat perusak masuk ke dalam kulit, mau nggak mau sistem imun mengambil langkah buat mengamankan tubuhmu, deh. Nah, karena banyaknya zat perusak yang nggak tersaring lapisan pelindung, sistem imun harus bekerja jauh lebih keras. Hasilnya, kulitmu jadi merah-merah, pecah-pecah, gatal, dan lain sebagainya.

3. Pemicu reaksi

Ada beberapa faktor luar yang bisa memicu reaksi sistem imun yang kemudian menyebabkan kulit sensitif meradang, antara lain: cuaca terlalu dingin atau terlalu panas, polusi, terpapar sinar UV, bahan dalam skin care atau makeup yang nggak cocok, serta terlalu sering eksfoliasi dan cuci muka.

Selain itu, faktor dalam seperti stress, kurang tidur, kurang minum air putih, dan perubahan hormon (saat masa pubertas, hamil, menstruasi, dan lainnya) juga berkontribusi sebagai pemicu reaksi kulit menjadi sensitif.


Cara Menenangkan Kulit Sensitif

Sayangnya, belum ada cara untuk menghentikan reaksi kulit sensitif sepenuhnya. Tapi, untuk menghindari dan menenangkan kulitmu waktu lagi sakit dan nggak nyaman, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Hindari produk dengan alkohol dan pewangi

Ini dia musuh nomor satu si kulit sensitif. Kandungan alkohol dan pewangi (fragrance/parfum) bisa bikin kulitmu iritasi, panas, dan gatal dengan cepat. Untuk produk skin care, coba cari yang mengandung kandungan seperti bisabolol, panthenol, dan allantoin yang bisa meredakan inflammation atau peradangan.

Rekomendasi Produk:

  • ElsheSkin Deep Cleansing For Sensitive Skin 60
  • Haple Ivey Daily Face Wash 100ml
  • Nacific Fresh Cica Plus Clear Cream 50gr

2. Lindungi diri dari sinar matahari

Kali ini, kayaknya pakai sunscreen saja nggak cukup, deh. Kamu benar-benar harus membatasi waktumu terpapar sinar matahari. Soalnya, sun burn pada kulit sensitif bisa terasa sakit banget.

Tapi, kamu tetap harus pakai sunscreen kemana-mana, ya. Pilih yang punya SPF minimal 30. Jangan lupa rajin-rajin oleskan ulang setiap 2 jam untuk perlindungan ekstra kulit sensitifmu.

Rekomendasi Produk:

  • For Skin’s Sake Weightless Sunscreen SPF50 PA ++++ 45ml
  • Benton Papaya-S Sun Cream SPF50 PA++++ 50gr
  • Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 30ml

3. Sebelum dan sesudah maskeran…

Awali sesi maskeran kamu dengan cuci muka pakai cleanser yang lembut. Setelah 15 menit maskeran, siapkan handuk atau kain yang direndam air hangat. Nah, pelan-pelan, usap-usap wajahmu sampai sisa maskernya bersih, deh!

Rekomendasi Produk:

  • Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque 100ml
  • Klairs Rich Moist Soothing Tencel Sheet Mask (1 Sheet / 25ml)
  • Harlette Oatmilk Sleeping Mask 30gr

4. Nggak perlu pakai kapas

Pakai produk skin care-mu dengan tangan saja. Soalnya, kapas yang menggosok kulit wajahmu bisa memicu iritasi, lho. Yang paling penting, sebelum pakai skin care, pastikan tanganmu sudah bersih, ya.

5. Kenalan dengan oats dan Centella asiatica

Kedua bahan ini adalah jagoan dalam memerangi kulit yang merah meradang, lho. Oat (Avena sativa) sendiri kaya akan selulosa dan serat yang bisa meredakan iritasi dan kulit yang merah-merah.

Rekomendasi Produk:

  • Skin Dewi Calendula Soothing Gel 30gr
  • Harlette Oatmilk Sleeping Mask 30gr
  • Harlette Oatmilk Day Creme 15gr

Kalau Centella asiatica, sebenarnya adalah bahan herbal yang populer dalam pengobatan tradisional. Asal-usulnya, daun Centella asiatica sering digunakan untuk meringankan luka bakar. Nah, dalam produk skin care, bahan ini mampu bekerja sebagai antioksidan yang bisa melembapkan serta menenangkan kulit yang meradang atau iritasi.

Rekomendasi Produk:

  • Iunik Centella Bubble Cleansing Foam 150ml
  • Kleveru Glass Skin Overnight Serum 20ml
  • Kiehl’s Centella Skin Calming Facial Cleanser 200ml

6. Wajib patch test!

Patch test adalah metode untuk menguji apakah suatu produk cocok dengan kulitmu.

Caranya, sebelum kamu pakai di area wajah, pakai produk di bagian samping leher atau belakang telinga (dengan begitu, kalau ada reaksi yang buruk, bisa tersembunyi dan nggak merusak look kamu). Pakai terus selama seminggu, dari situ, kamu bisa lihat apakah ada reaksi atau nggak.

Kalau ada reaksi alergi, pastinya kamu nggak boleh lanjutkan pakai produk itu. Tapi, kalau ada reaksi ringan, itu bisa berarti dua hal: satu, kulitmu memang alergi, atau dua, produk itu memang memicu reaksi seperti itu. Tapi, untuk yang kedua, reaksi biasanya muncul dan kembali hilang 1-2 jam setelah pemakaian saja. Dan terakhir, kalau reaksi normal, berarti kamu bisa lanjutkan pakai produk itu.


Dari tips Phoebe, mana nih yang udah kamu coba untuk merawat kulit sensitifmu? Oh iya, apakah kamu punya tips dan trik sendiri yang ampuh buat menenangkan kulit sensitif? Kasih tau caranya ke Phoebe lewat kolom komentar, yuk!

Semoga penjelasan Phoebe bisa membantu kamu yang punya kulit sensitif, ya. Pokoknya, jangan stress, jaga kesehatan, dan tetap sayangi kulitmu!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: sensitive skin

Tinggalkan komentar