Perawatan Kulit Berminyak Biar Bebas Kilap

Duh, punya kulit berminyak bikin nggak pede. Stress jerawatan, kelihatan berkilap pas selfie, susah kalau mau pakai makeup. Eits, jangan pusing!

Kulitmu cuma butuh lebih dicintai, kok. Karena tak kenal maka tak sayang, jadi, pertama-tama, kenali dulu kulit berminyakmu lebih jauh yuk, Beauties! 

 

Kenapa Kulit Bisa Berminyak?

Penyebab utamanya karena kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum (minyak). Sebenarnya, sebum itu penting untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan lembap. Tapi, karena terlalu banyak, maka sebum bisa menyumbat pori-pori wajah, yang nantinya menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Lalu, kenapa kelenjar sebaceous bisa menghasilkan terlalu banyak sebum?

1. Faktor genetik

Kemungkinan besar, kamu mewariskan ini dari orang tuamu. Yup, kelenjar sebaceous yang terlalu aktif adalah suatu hal yang turun-temurun.

2. Faktor hormon

Kelenjar sebaceous yang terlalu aktif juga biasanya disebabkan kerja hormon androgen yang terdapat dalam tubuh cewek maupun cowok. Umumnya, cowok punya lebih banyak hormon androgen dibanding cewek. Nah, semakin aktif hormon androgen, maka makin banyak juga sebum yang dihasilkan. Nggak heran deh kalau kulit cowok biasanya lebih berminyak.

Selain hormon androgen, cewek juga punya hormon progesteron yang bisa memengaruhi produksi sebum. Alasannya belum diketahui, tapi beberapa studi menunjukkan bahwa meningkatnya hormon progesteron juga berarti meningkatnya produksi sebum.

3. Pola makan

Pola makan memang bukan faktor utama penyebab kulit berminyak. Tapi, pola makan bisa memengaruhi munculnya hormon yang memicu produksi sebum. Misalnya, makanan produk susu (keju, mentega, es krim, yogurt) dan makanan-makanan manis (kue, permen, dan lainnya).

4. Usia

Kulitmu cenderung kehilangan protein kolagen seiring bertambahnya usia, yang bisa menyebabkan kelenjar sebaceous nggak terlalu aktif lagi. Ketika kulit jadi kering karena produksi sebum berkurang, tanda-tanda penuaan bisa mulai muncul, seperti keriput dan garis halus.

5. Faktor luar lainnya

Cuaca yang lembap biasanya menyebabkan kulitmu jadi lebih berminyak, sedangkan cuaca dingin bikin kulit kering. Produk skin care yang nggak cocok dengan kulitmu juga bisa jadi faktor kulit berminyak. Dan terakhir, salah melakukan skin care dengan metode-metode yang nggak sesuai sama tipe kulitmu pun bikin kulit jadi lebih berminyak.

 

3 Cara Mudah Mengurangi Sebum

1. Menjaga pola makan

Nah, mulai sekarang, sebaiknya kamu kurang-kurangi makanan produk susu dan makanan manis, deh. Selain bagus untuk skin goals, kamu juga sekalian menjaga kesehatan tubuh, kan?

2. Kontrol hormon

Selain menjaga pola makan, hormon yang menyebabkan jerawat (hormon androgen dan progesteron) juga bisa dikontrol menggunakan obat-obatan. Dengan begitu, diharapkan hormon bisa jadi seimbang dan tidak memicu kelenjar sebaceous untuk memproduksi sebum berlebihan. Kalau mau melakukan ini, pastikan kamu datang dan konsultasi dengan dokter yang tepat, ya.

3. Skin Care

Ini dia cara paling mudah mengurangi sebum. Mungkin dengan skin care, kamu nggak bisa mengurangi kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum secara langsung, tapi skin care tentunya bisa membantu kamu menjaga kesehatan kulit berminyak supaya nggak jerawatan dan selalu tampil flawless!

Baca bagian selanjutnya untuk tau cara efektif merawat kulit berminyak.

Tips Skin Care Kulit Berminyak

1. Hindari produk dengan minyak dan alkohol

Baik produk makeup ataupun skin care, sebaiknya kamu yang punya kulit berminyak memilih produk yang oil-free, non-alcohol, dan non-comedogenic. Produk dengan label tersebut tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga bisa mengurangi risiko jerawat. Pastikan kamu juga memilih produk skincare dengan tekstur gel yang ringan dan nggak bikin kulitmu makin berminyak.

Rekomendasi Produk: 

2. Cuci muka setiap pagi, malam, dan setelah olahraga

Tentu saja biar kotoran di wajah nggak menyumbat pori-pori. Namun, jangan gunakan produk yang membuat kulit menjadi kering. Bukannya mengurangi minyak, kulit yang terlalu kering malah terpancing untuk mengeluarkan minyak lebih banyak lagi.

Pilih produk yang lembut dan jangan gosok kulit wajahmu terlalu keras, ya. Kamu juga boleh cari produk pembersih wajah yang mengandung salicylic acid (BHA), glycolic acid, atau benzoyl peroxide. Juga, hindari produk dengan pewangi alias cari produk yang fragrance-free.

Rekomendasi Produk:

3. Masker clay

Masker wajah berbahan clay ampuh untuk menyerap minyak sekaligus membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, lho. Kamu bisa pakai masker clay tiga kali seminggu selama 15 menit, ya.

Rekomendasi Produk:

  • Joylab Lava Clay Pore Mask 50ml
  • Hale Let’s Clay! Licorice, Green tea & Charcoal Clay Mask – 85gr
  • Beaussentials Clay Mask Cleanser 50mlB

4. Retinol

Bahan ini memang lebih terkenal dalam produk anti-aging. Tapi, produk ini juga bisa jadi jagoan tipe kulit berminyak. Retinol bisa membantu memperkecil pori-pori, sehingga kulit mengeluarkan minyak lebih sedikit. Nah, pastikan kamu mengenalkan retinol ke kulit wajahmu secara perlahan biar kulitmu nggak kaget.

Rekomendasi Produk:

5. Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang mengendap di atas kulit. Karena itu, eksfoliasi juga penting untuk kulit berminyak agar sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori dan menghalangi masuknya produk skin care ke dalam kulit. Untuk kulit berminyak, eksfoliasi bisa kamu lakukan 2-3 kali seminggu, ya.

Rekomendasi Produk:

  • Neogen Bio-Peel Gauze Peeling 30Pads – Lemon
  • Trilogy Gentle Facial Exfoliant 75ml
  • Glamglow Supertoner – 200ml 

6. Gunakan kertas minyak

Pertolongan terakhir untuk kulit berminyak adalah kertas minyak. Tentu saja, ia bisa membantu mengangkat minyak di wajah. Gunakan dengan cara ditepuk-tepuk atau ditempelkan. Jangan diusap, karena bisa menyebarkan minyak ke area wajah yang lain.


Kulit berminyak emang terkesan merepotkan dan bikin nggak pede, tapi kamu bisa mengatasinya dengan tips di atas, lho. Dengan perhatian dan dedikasi yang cukup pada kebiasaan-kebiasaan skin care, kulit berminyak bakal bikin kamu jadi pede lagi. So, love your skin, Beauties!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: oily skin

Tinggalkan komentar

Kategori