Di Balik Toner Thayers: 3 Kandungan Utama

Siapa nih yang hobi liatin list ingredients skincare sebelum bawa pulang produknya? Walaupun hal ini terkesan sepele, ingredients itu jadi petunjuk biar kamu nggak salah beli produk, Beauties!

Kali ini Phoebe mau ajak kamu buat kenalan dengan kandungan dalam produk Facial Toner Thayers yang digadang sebagai toner sejuta umat. Wadaw, kok bisa disebut begitu ya? Cari tau di bawah yuk!


Dari aneka varian toner Thayers—mulai dari yang Original, Unscented, Lavender, Rose Petal sampai Cucumber—semuanya punya 3 kandungan andalan, yaitu Witch Hazel, Aloe Vera, dan Glycerin.

PHOEBE SAYS,

“Label daftar kandungan mengurutkan kandungan yang paling banyak sampai paling sedikit. Kandungan yang disebutkan paling awal punya persentase paling banyak dan yang paling terakhir punya persentase paling sedikit.

Witch Hazel

Kandungan yang berasal dari tanaman witch hazel punya sejarah yang cukup menarik, karena sudah dipakai selama berabad-abad oleh orang-orang suku Indian di Amerika Utara untuk berbagai pengobatan. Dalam produk skin care, witch hazel dikenal punya beberapa fungsi utama, yaitu:

  • Meredakan kulit yang meradang
  • Menyerap minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori
  • Antioksidan untuk melawan radikal bebas

Semua fungsi ini bisa bekerja pada kulit kita karena witch hazel mengandung tannins. Dalam beberapa produk skin care, witch hazel kehilangan kandungan tannins karena harus melalui proses penyulingan bersama alkohol, sehingga fungsinya kurang optimal.

Uniknya, Thayers nggak melakukan proses penyulingan pada ekstrak witch hazel­-nya. So, produk Thayers tetap bebas alkohol dan kandungan tannins-nya murni, nggak terkontaminasi zat-zat kimia.

Catatan dari Phoebe: segala sesuatu yang sifatnya berlebihan itu nggak baik! Jadi, kalau memang udah merasa cocok dengan suatu produk—misalnya Facial Toner Thayers—tetap ikutin aturan pemakaiannya, ya. Ini akan jadi langkah paling aman untuk menghindari risiko iritasi dan reaksi over-use lainnya.

PHOEBE SAYS,

“Level pH formula witch hazel-nya Thayers ada di antara 5 – 5.5

Level pH kulit normal ada di antara 4.7 – 5.75

Aloe Vera

Siapa sih yang nggak kenal dengan aloe vera alias lidah buaya ini? Ekstrak aloe vera juga sering banget ditemukan dalam berbagai produk skin care karena khasiatnya yang melembapkan dan menenangkan kulit iritasi.

Aloe vera punya kandungan mucopolysaccharides. Meskipun namanya susah disebut, pokoknya tugasnya adalah menahan kadar kelembapan di kulit, deh! Di samping melembapkan, aloe vera juga sering digunakan untuk menenangkan kulit sunburn serta meredakan peradangan lainnya.

PHOEBE SAYS,

“Facial Toner Thayers adalah produk yang bebas kandungan alkohol. Ini mengurangi risiko kulit jadi terlalu kering atau over-dry.”

Glycerin

Kandungan glycerin biasanya diambil dari minyak tumbuhan atau lemak hewan. Kalau glycerin dalam produk Thayers, diambil dari minyak daun palem. Nah, glycerin dikenal akan khasiatnya sebagai humectant, yaitu kandungan yang bekerja dengan cara menarik air dari dalam lapisan kulit dan dari udara ke permukaan kulit supaya lembab. So, kandungan glycerin recommended banget buat kamu yang punya tipe kulit kering atau tipe kulit lainnya yang sedang mengalami masalah kulit dehidrasi.

Selain itu, karena khasiatnya yang melembapkan, kandungan glycerin umum ditemukan dalam beragam produk skin care. Dalam produk cleanser dan toner, kandungan glycerin berguna untuk mencegah lapisan pelindung kulit (skin barrier) terganggu dan iritasi. Dalam moisturizer, glycerin tentunya membantu menjaga kelembapan kulit dan bikin kulit terasa lebih halus dan lembut. Kandungan glycerin juga jadi salah satu kandungan wajib dalam face mist—si senjata andalan melembapkan kulit secara instan.

Jadi, nggak heran dong, kalau habis pakai Facial Toner Thayers, kulit jadi terasa lembab dan halus… Nggak percaya? Silakan cobain sendiri, deh, Beauties!

Oh iya, meskipun jarang dan biasanya tergolong ringan, nggak menutup kemungkinan adanya reaksi alergi terhadap kandungan glycerin. Kalo kulitmu jadi merah, gatal, atau terasa panas, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter, ya.

PHOEBE SAYS,

“Di produk Facial Toner Thayers, kerja witch hazel yang bisa menyerap minyak berlebih di kulit selalu diseimbangkan oleh kandungan aloe vera dan glycerinyang dikenal ampuh banget buat mengembalikan kelembapan kulit.”+

Itu dia ketiga kandungan utama toner-nya Thayers, Beauties! Overall, ingredients “toner-nya sejuta umat” bermanfaat untuk kulit dan masing-masing kandungan utamanya diformulasikan supaya bekerja untuk saling mendukung demi kulit glowing-mu, lho!

Setiap orang punya kulit yang berbeda-beda. Mungkin, petualanganmu di dunia skin care masih terbuka luas supaya bisa cari tau lebih banyak produk dan kandungan lain yang cocok dengan kulitmu. Jangan menyerah! Phoebe selalu ada untuk membantu kamu dalam perjalanan menuju kulit flawless, Beauties!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S. 

Leave a comment