Istilah Jerawat yang Kamu Perlu Tahu: Acne-Prone, Blemish, Blackhead, Whitehead

Nggak bisa dipungkiri kalau jerawat jadi salah satu masalah kulit yang paling umum dijumpai.

Di dalam masalah jerawat pun masih ada istilah-istilah yang perlu dipahami biar kamu nggak salah menanganinya, mulai dari acne-prone, blemish, blackhead dan whitehead, clogged pores, inflammation, sampai sebum. 

Yuk, cari tau lebih banyak tentang mereka di bawah ini. Check it out!

 

istilah jerawat

 

Acne-prone

Istilah acne-prone adalah sebutan untuk kulit yang rentan muncul masalah jerawat. Biasanya, tipe kulit berminyak lah yang lebih rentan masalah jerawat, karena minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Untuk masalah jerawat, kamu bisa cari tau lebih lengkap soal penyebab, cara mengatasinya, serta rekomendasi kandungan yang tepat lewat artikel dari Phoebe: Kenali Penyebab Munculnya Jerawat di Wajahmu.

 

Blackhead vs. Whitehead

Istilah ini juga sering digunakan dalam pembahasan soal jerawat. Blackhead dan whitehead adalah dua bentuk jerawat yang belum meradang (non-inflammatory) dan cukup ringan untuk diatasi.

Blackhead yang lebih dikenal dengan komedo, adalah penyumbatan pori-pori oleh minyak berlebih bersama sel-sel kulit mati. Sesuai namanya, blackhead berbentuk bintik-bintik hitam. Ia terjadi di permukaan kulit, sehingga penyumbatan tetap terbuka, dan mudah diangkat atau dibersihkan.

Kalau whitehead, penyumbatan terjadi sedikit lebih dalam di pori-pori dibanding blackhead, sehingga penyumbatan udah tertutup. Sesuai namanya, bentuk whitehead adalah titik-titik warna putih.

Blackhead dan whitehead dapat dihilangkan dengan:

 

Blemish

Blemish adalah sebutan untuk segala macam noda, flek, tekstur, benjolan, dan hal-hal lain yang bikin kulit “nggak mulus”. Ini termasuk jerawat, milia, flek hitam, noda kemerahan, hiperpigmentasi, melasma, hingga tanda lahir dan tahi lalat.

 

Clogged Pores

Penyebab utama munculnya jerawat adalah clogged pores yang artinya pori-pori tersumbat. Pori-pori bisa tersumbat oleh minyak berlebih di kulit, sel kulit mati yang nggak terangkat, serta kotoran lain yang menempel di kulit.

Pori-pori adalah jalur keluarnya minyak yang diproduksi kelenjar di bawah lapisan kulit. Karena jalan keluarnya tersumbat, minyak nggak bisa keluar, sehingga malah menumpuk di dalam pori-pori. Kalau penumpukan semakin banyak, ini bisa menyebabkan jerawat yang meradang.

Untuk mencegah terjadinya clogged pores yang berujung jerawat meradang, kamu bisa ambil inspirasi untuk menjaga pori-pori tetap bersih dari artikel Phoebe berikut ini: Resep Mengecilkan Pori-pori di Wajah.

 

Inflammation

Inflammation atau peradangan di kulit adalah reaksi sistem imun yang melawan infeksi bakteri, jamur, atau virus yang membahayakan kesehatan kulit. Kulit yang meradang umumnya agak membengkak, kemerahan, dan panas--ini karena sistem imun bikin pembuluh darah melebar, sehingga lebih mudah dilewati oleh sistem imun yang sedang melawan penyebab infeksi.

Inflammation dapat diredakan dengan kandungan-kandungan skin care yang bersifat anti-inflammatory, seperti yang dijelaskan pada artikel Kumpulan Istilah dalam Dunia Skincare yang Sering Disebut, antara lain:

 

Sebum

Istilah ini sering digunakan kalau lagi ngomongin masalah jerawat. Yup, sebum adalah minyak di kulit yang dihasilkan kelenjar di dalam lapisan kulit. Ia bertugas melembapkan dan melindungi kulit. Sebum merupakan salah satu komponen yang menyusun lapisan pelindung kulit atau skin barrier, lho.

Pada tipe kulit berminyak, sebum yang dihasilkan terlalu banyak. Tapi, pada tipe kulit kering, kulit kekurangan sebum sebagai pelembap alami kulit.

Banyak-sedikitnya produksi sebum tergantung faktor genetik, hormon, usia, hingga pola makan. Misalnya, makanan manis dan makanan produk susu (keju, mentega, es krim, yogurt, dll.) bisa menyebabkan hormon yang mempengaruhi produksi sebum meningkat. Hasilnya, kulit jadi makin berminyak dan makin gampang jerawatan.

Buat kamu yang punya kulit berminyak dan ingin produksi sebum seimbang--nggak terlalu banyak maupun terlalu sedikit, kamu bisa simak artikel Phoebe Perawatan Kulit Berminyak Biar Bebas Kilap. Untuk teman-teman dengan kulit kering, kuncinya adalah menjaga kelembapan! Cari tau tips dan triknya di sini: Tips Kulit Kering Lembap Maksimal.

 

Itu dia segelintir istilah yang biasa disebut saat masalah jerawat datang. Kamu boleh banget tanya ke Phoebe istilah-istilah lainnya yang belum dimuat di atas--tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar, and Phoebe will get back to you!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Leave a comment