Kenali Penyebab Munculnya Jerawat di Wajahmu

Ini dia masalah kulit yang dirasakan sejuta umat: JERAWAT! Yang pernah merasakan derita kulit jerawatan pasti paham banget rasanya waktu jerawat bikin nggak pede, perihnya jerawat pas lagi matang-matangnya, atau kesalnya ketika jerawat akhirnya hilang, tapi meninggalkan bekas yang bikin kulitmu nggak flawless.

Perjuangan memberantas jerawat dan bekasnya memang nggak mudah, ya, Beauties. Yuk, Phoebe bantu kasih informasi seputar jerawat dan bekasnya, serta cara menanganinya! Keep on reading, Beauties!


Jenis-jenis Jerawat dan Penyebabnya

Secara umum, jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat minyak atau sebum berlebih bersama dengan sel kulit mati. Ini disebut jerawat non-inflammatory atau jerawat yang tidak radang, seperti jerawat blackhead dan whitehead.

Selanjutnya, ada kemungkinan bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang tinggal di kulit menginfeksi penyumbatan itu, sehingga muncul jerawat inflammatory atau jerawat yang meradang. Beberapa jenis jerawat ini adalah jerawat papula, pustula, nodul, dan kistik—atau biasa disebut jerawat batu.

1. Non-inflammatory (tidak radang)

Blackhead

Jerawat jenis ini juga dikenal sebagai komedo. Bentuknya seperti bintik-bintik hitam di permukan kulit. Jerawat jenis blackhead paling mudah diobati, lho. Tentunya, karena nggak ada peradangan dan karena penyumbatan yang terjadi tetap terbuka, sehingga mudah diangkat dan dibersihkan.

Whitehead

Berbeda dengan blackhead, penyumbatan pada jerawat jenis whitehead menutupi permukaan pori-pori. Karena itu, bentuknya bintik-bintik putih kecil.

2. Inflammatory (meradang)

Papula

Jerawat jenis ini biasanya berasal dari blackhead dan whitehead yang dibiarkan, sehingga lama-kelamaan meradang di dalam lapisan kulit. Bentuknya seperti benjolan yang terasa keras dan agak sakit saat disentuh. Biasanya, papula nggak menunjukkan titik putih di tengahnya, warnanya hanya kemerahan aja.

Pustula

Jerawat ini bentuknya mirip whitehead dalam ukuran lebih besar: kemerahan dengan titik putih atau kuning di tengahnya. Ini karena jerawat pustula biasanya berisi nanah, yang adalah hasil perlawanan sel imun menghadapi infeksi bakteri P. acnes.

Nodul

Jerawat nodul bentuknya mirip papula, yaitu benjolan kemerahan tanpa titik putih di tengahnya. Tapi, ukurannya lebih besar dan terlihat bengkak. Ini disebabkan penyumbatan yang meradang terjadi di lapisan kulit yang lebih dalam lagi, ditambah adanya infeksi bakteri P. acnes juga.

Kistik (jerawat batu)

Jerawat batu terjadi karena adanya peradangan pada penyumbatan di pori-pori, yang diikuti infeksi bakteri P. acnes. Ini bisa menyebabkan dinding pori-pori pecah, sehingga peradangan jadi tersebar dan semakin dalam. Akibatnya, di permukaan kulit, jerawat terlihat seperti bengkak yang cukup besar dan berisi nanah.

Mencegah Jerawat, Emangnya Bisa?

Meskipun melelahkan, masalah jerawat punya kemungkinan besar untuk sembuh atau hilang kok, Beauties! Kamu bisa mulai dengan mengandalkan skincare routine. Nah, buat jerawat, produk skin care biasanya punya 2 tugas utama, yaitu mengurangi sebum atau membunuh bakteri penyebab infeksi. Tapi, kalau skin care nggak mempan juga atau malah bikin jerawat tambah parah, Phoebe sarankan untuk konsultasi dengan dokter kulit, ya.

So, ini dia beberapa skincare routine yang bisa kamu lakukan untuk mengusir jerawat jauh-jauh dari kulitmu:

1. Kalau tipe kulitmu berminyak…

Jerawat memang kebanyakan jadi masalah tipe kulit berminyak. Jadi, kalau kamu punya tipe kulit ini, langkah pertama menangani jerawat adalah melakukan perawatan yang tepat buat kulit berminyakmu. Cari tau cara-caranya di sini, ya!

2. Spot treatment

Spot treatment diaplikasikan hanya pada titik jerawat yang ingin dihilangkan dengan cepat, bukan ke seluruh muka kayak produk lain semacam toner atau moisturizer. Spot treatment dapat diandalkan untuk mengurangi kemerahan, mengempiskan jerawat, dan melarutkan penyumbatan.

Ini karena spot treatment biasanya mengandung bahan seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide—dua kandungan pemberantas jerawat yang akan kita bahas di poin berikutnya. Sayangnya, spot treatment cuma ampuh buat jerawat dengan peradangan ringan seperti papula dan pustula, nih, Beauties.

3. Salicylic Acid (BHA) dan Benzoyl Peroxide

Salicylic acid adalah salah satu bentuk dari beta hydroxy acid (BHA). Fungsi utamanya adalah untuk eksfoliasi. Kandungan ini bisa menyusup masuk ke dalam lapisan kulit dan membersihkan sel kulit mati yang mungkin menyumbat pori-pori. Salicylic acid juga membantu meringankan peradangan dan meredakan penyumbatan, sehingga jerawat bisa cepat kempis.

Kalau benzoyl peroxide, tugasnya membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan infeksi dan peradangan lebih jauh. Pokoknya, bakteri jadi nggak betah berada di sekitar penyumbatan, jadi perlahan-lahan, peradangan mereda dan jerawat mengecil. Nah, kalau kandungan yang ini cukup ampuh buat dipakai untuk melawan semua jenis jerawat, termasuk nodul dan jerawat batu.

Tapi, hati-hati ya, Beauties. Salicylic acid dan benzoyl peroxide bisa bikin kulit kering karena mengangkat sebum. Jadi, pastikan kamu selalu pakai moisturizer setelah pakai produk dengan kandungan tersebut.

4. Propolis

Propolis adalah kandungan yang berasal dari campuran getah pohon dan beeswax (lilin lebah) yang biasa digunakan untuk membuat sarang lebah. Kandungan ini punya khasiat membunuh bakteri dan mencegah peradangan, sehingga cocok digunakan untuk meredakan jerawat. Selain itu, propolis juga punya efek memberi kelembapan, lho. Jadi, kamu yang punya kulit kering boleh pakai kandungan ini tanpa perlu takut kulit malah jadi makin kering!

5. Masker clay

Meskipun udah disebutkan sebagai salah satu kiat merawat kulit berminyak, Phoebe mau tambahin khasiat masker clay buat jerawat, nih, yaitu mengangkat penyumbatan di jerawat.

6. Tips eksfoliasi pas jerawatan

Eksfoliasi tetap harus jalan. Tapi, jangan lakukan eksfoliasi physical! Contohnya, eksfoliasi pakai scrub, spons, atau sikat. Ini malah bisa bikin jerawat tambah parah, karena bisa mendorong penyumbatan masuk makin dalam ke lapisan kulit. Stick to glycolic acid atau salicylic acid yang aman dipakai setiap hari aja, ya, Beauties.

Sampai di sini dulu pembahasan seputar jerawatnya ya, Beauties. Tapi, tenang aja, Phoebe bakal balik lagi buat bahas lebih jauh masalah jerawat—terutama tentang bekasnya. Nah, kalau nggak mau ketinggalan, stay tune di seluruh channel media sosial Ponny Beaute, ya!

Jangan lupa tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar. Nanti, Phoebe bakal dengan senang hati menjawab. See you, Beauties!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Comments

  • Posted by izfowapiy on

    http://mewkid.net/when-is-xuxlya/ – Amoxicillin 500mg Capsules Amoxicillin 500 Mg lrb.mluj.ponnybeaute.co.id.aip.ui http://mewkid.net/when-is-xuxlya/

  • Posted by oyeufagoo on

    http://mewkid.net/when-is-xuxlya/ – Buy Amoxicillin Online Amoxicillin 500 Mg qod.wfgt.ponnybeaute.co.id.kuu.wn http://mewkid.net/when-is-xuxlya/

  • Posted by yuduujuva on

    http://mewkid.net/when-is-xuxlya/ – Buy Amoxicillin Online Buy Amoxicillin eyo.bvvd.ponnybeaute.co.id.txx.fl http://mewkid.net/when-is-xuxlya/

Leave a comment