Resep Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Pori-pori besar bikin penampilan jadi kurang flawless, ya, Beauties. Kulit kelihatan nggak mulus, kasar, dan jadi gampang jerawatan. Iya kan?!

Artikel ini bakal bantu kamu memahami kiat-kiat mengatasi pori-pori besar biar skin goals-mu buat punya kulit mulus dan cerah cepat tercapai. Yuk, cari tau lebih banyak soal pori-pori besar!

 

 

Selain memengaruhi penampilan, pori-pori besar memang identik dengan jerawat, soalnya jerawat disebabkan minyak (sebum) dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori tersebut. Paling nggak, kamu mungkin pernah mengalami munculnya komedo—atau juga disebut jerawat blackhead. Kalau masalah pori-pori besarmu sampai bikin sering jerawatan, kamu bisa juga baca artikel Phoebe soal mengatasi jerawat di sini, ya.

Pori-pori besar umumnya disebabkan produksi sebum yang berlebihan. Tapi, bukan berarti tipe kulit berminyak saja yang punya masalah ini, lho. Tipe kulit kering pun bisa mengalaminya. Biar tau lebih banyak soal kenapa bisa terjadi pori-pori besar, simak beberapa mitos dan fakta berikut, ya!

 

Mitos & Fakta Pori-pori Besar

[FAKTA] Pori-pori punya fungsi, kok!

Pori-pori itu dimiliki semua orang dan punya fungsi yang sangat penting. Pori-pori adalah jalan keluar sebum supaya bisa mencapai lapisan kulit luar yang perlu dijaga kelembapannya. Tanpa sebum di permukaan kulitmu, kulit jadi kering, mudah iritasi, dan kusam.

Semakin banyak produksi sebum, maka perlu jalan keluar yang semakin besar juga. Karena itu, kulit membuat lubang pori-pori yang besar, supaya sebum yang berlebih nggak menumpuk di dalam lapisan kulit saja dan malah merusak jaringan kulit di dalam.

 

[MITOS] Pori-pori bisa membuka dan menutup.

Mungkin kamu pernah dengar: “Coba mukanya diuapin, biar pori-porinya kebuka.” Nah, ini pemahaman yang salah, Beauties. Pori-pori nggak bisa buka-tutup kayak pintu, karena pori-pori nggak punya otot. Pori-pori cuma bisa melebar ketika ada penyumbatan yang memenuhinya, dan uap cuma bisa membantu mencairkan penyumbatan itu, sehingga bisa keluar dari pori-pori.

 

[MITOS] Pori-pori besar cuma dialami kulit berminyak.

Seperti yang Phoebe sempet sebut di atas, kulit kering pun bisa mengalami pori-pori besar. Terutama, pas lagi kering-keringnya sampai kulit terasa ketarik dan nggak kenyal lagi. Ini bikin pori-pori juga ikut ketarik dan melebar, sehingga kulit kelihatan kasar dan bertekstur.

 

[FAKTA] Sinar matahari bikin pori-pori besar.

Ini dia penyebab utama pori-pori besar—selain kelebihan produksi sebum—yang bisa terjadi di semua jenis kulit. Sinar matahari yang masuk ke lapisan kulit bisa merusak kandungan kolagen yang tugasnya bikin kulit kenyal, lembab, dan tetap kuat. Hasilnya, kulit jadi tipis, kendur, dan nggak kenyal, sehingga pori-pori juga turut melebar.

 

[MITOS] Pori-pori bisa dihilangkan.

Seperti yang udah Phoebe sebutkan sebelumnya, pori-pori punya tugas yang sangat penting buat kesehatan kulit. Jadi, pori-pori pastinya nggak bisa dihilangkan, karena tanpa pori-pori, sebum dan keringat malah terperangkap di dalam kulit. Tapi, ada berbagai cara, kok, buat mengecilkan pori-pori, sehingga nggak begitu tampak dan kulit kelihatan mulus serta flawless nggak bertekstur. Simak poin berikut ini ya, Beauties...

 

Tips Mengecilkan Pori-pori Besar

.

Tips #1: Produk skin care yang water-based

Ini solusi untuk kamu yang punya pori-pori besar dengan tipe kulit berminyak. Karena pori-porimu rentan tersumbat sebum atau minyak, maka sebaiknya kamu pakai produk-produk skin care yang ringan, teksturnya cair atau gel, dan berbahan dasar air (water-based). Produk skin care seperti ini mengurangi risiko penyumbatan yang bisa bikin pori-pori makin besar dan melebar.

Phoebe share trik buat menemukan produk water-based, ya: cek daftar kandungan atau komposisinya! Produk water-based pasti menuliskan ‘water’ atau ‘aqua’ di paling awal daftar kandungan. Coba lihat contoh dari beberapa rekomendasi produk Phoebe di bawah ini, ya.

Rekomendasi Produk:

 

Tips #2: Masker Clay

Ini juga salah satu solusi ampuh buat kulit berminyak plus pori-pori besar. Masker clay dikenal karena kemampuannya untuk detoks dan menyerap minyak berlebih di kulit, sehingga bisa mencegah pori-pori tersumbat. Pori-pori yang bebas penyumbatan dan nggak kelebihan minyak nggak akan melebar. So, pori-pori tetap kelihatan kecil dan rapat.

Masker clay juga bisa dipakai tipe kulit kering dan sensitif, kok. Kamu bisa cari masker kaolin clay yang lebih lembut sehingga kulitmu nggak jadi terlalu kering. Buat tipe kulit berminyak, kombinasi, dan normal, bisa pakai bentonite clay yang lebih kuat untuk menyerap minyak berlebih.

Rekomendasi Produk:

 

Tips #3: Eksfoliasi

Mungkin kamu masih agak bimbang mau pakai masker clay karena kulitmu kering dan takut kulit malah jadi semakin kering. Kalau begitu, eksfoliasi chemical aja! Treatment yang satu ini cocok buat semua tipe kulit yang mau mencegah penyumbatan dan memastikan pori-pori tetap rapat.

Kandungan AHA (glycolic acid, lactic acid, malic acid) umumnya aman buat kulit kering dan efektif membersihkan sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang mengendap. Buat kulit berminyak, kandungan BHA (salicylic acid) bisa lebih ampuh karena bisa membersihkan dari lapisan kulit yang lebih dalam.

Rekomendasi Produk:

 

Tips #4: Sunscreen

Biar sinar matahari nggak menembus kulit dan merusak zat-zat yang penting, yuk, disiplin pakai sunscreen! Pilih sunscreen yang SPF-nya minimal 30 dan gunakan minimal 30 menit sebelum keluar rumah, ya. Jangan lupa, tetap pakai sunscreen meskipun di luar mendung dan hujan!

Rekomendasi Produk:

  • Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 30ml
  • Nuxe White Daily UV Protector SPF30 30ml
  • Haple Daily Sunscreen SPF30 100ml
  • Joylab Aqua Sun-Day SPF 50 PA++ – 50gr / Sunblock / Sunscreen

 

Tips #5: Niacinamide

Niacinamide sudah terkenal sebagai kandungan holy grail buat menghilangkan bekas jerawat, flek hitam, dan bercak kemerahan di wajah. Nggak cuma itu, kandungan ini diidolakan kulit berminyak karena mampu membatasi produksi sebum atau minyak.

Niacinamide juga bisa memperbaiki tekstur kulit dan menguatkan lapisan pelindungnya supaya mencegah kulit kehilangan air dan kelembapan. Karena itu, kandungan niacinamide dalam produk skin care bisa jadi cara mengecilkan pori-pori besar yang cukup ampuh dan efektif.

Rekomendasi Produk:

 

 

Semua kulit manusia memang pada dasarnya berpori-pori dan punya ukuran yang berbeda-beda. Kalau pori-porimu besar dan kulitmu sering bermasalah karena hal tersebut, kamu udah bisa mengatasi masalah kulitnya lewat tips-tips dari Phoebe di atas.

Kamu punya tips lain untuk berdamai dengan pori-pori? Silakan share tipsmu di kolom komentar, ya.

Yuk, kita sama-sama mewujudkan cita-cita kulit glowing, mulus, dan sehat!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Leave a comment