Self-care Kit 101: Manjakan Kulit Sensitif Anti Rewel

Ngurus kulit sensitif emang ribetnya bukan main. Wajar kalau kamu mau mendedikasikan seharian untuk menenangkan kulit yang suka rewel.

Walaupun begitu, punya kulit sensitif itu akan menyenangkan kok, selama kamu merawatnya dengan cara-cara untuk memanjakan diri sendiri juga.

Biar sekalian bikin dirimu sendiri happy, Phoebe udah siapin beberapa aktivitas selain skin care-an yang bisa kamu lakukan dalam momen self-care dan pampering day.

Let’s soothe our skin and calm our minds!

 

 

1. Seafood Party!

Kapan lagi bisa puas-puasin makan seafood favoritmu? Mulut dan perut kenyang, dan kulitmu juga bisa sehat! Happy tummy, happy skin!

Beberapa menu seafood kayak tiram, ikan makarel, salmon, sampai sarden dan ikan teri yang biasa dimasak di rumah pun kaya kandungan omega-3, nih. Omega-3 diketahui bisa membantu memperbaiki lapisan alami pelindung kulitmu (skin barrier).

Biasanya, kulit sensitive punya skin barrier yang lemah, sehingga zat berbahaya dari luar bisa masuk ke dalam kulit dengan mudah dan menyebabkan iritasi. Nah, kandungan omega-3 dari seafood kesukaanmu bisa membantu skin barrier jadi lebih sehat dan kuat, biar kulit sensitif nggak gampang iritasi!

Seru banget ya, bisa makan enak sambil menjaga kesehatan kulit sensitif!

 

2. Ngemil Cokelat

Momen self-care day harusnya jadi momen kamu untuk bisa menikmati hal-hal yang kamu suka, tapi mungkin nggak bisa dilakukan setiap hari. Misalnya, ngemil cokelat yang yummy!

Yup, nggak usah merasa bersalah untuk makan dark chocolate pas self-care day. Soalnya, dark chocolate tuh bisa membantu kulit sensitif lebih sehat karena kandungan zat besi, kalsium, Vitamin A, B1, C, D, dan E yang bisa menutrisi dan melembapkan kulit.

Selain itu, dark chocolate juga mengandung flavonols yang merupakan kandungan antioksidan yang menangkal radikal bebas sekaligus melindungi kulit dari sinar UV—so, bisa membantu kulit sensitifmu biar nggak gampang terbakar matahari (sunburn).

Jadi, kamu mau menikmati cokelat bareng siapa, nih?

 

3. Tea Time!

Ngeteh sore sambil nonton drama Korea atau series lainnya asik juga, ya. Self-care day bisa jadi waktu yang tepat buat kamu yang kepengen cobain teh sehat, misalnya green tea.

Buat kulit sensitifmu, green tea punya kandungan antioksidan dan polyphenols yang ampuh meredakan peradangan. Hopefully, kalau kulitmu kebetulan lagi rewel dan merah-merah, tea time dengan green tea bisa membantu meredakan kemerahannya, ya.

 

4. Quality Time sama Keluarga

Momen self-care day juga bisa kamu gunakan buat quality time sama keluarga di rumah. Nah, dengan menghabiskan waktu di rumah aja, kamu bisa sekalian mengistirahatkan kulit sensitifmu yang udah sering kena paparan polusi, debu, dan kotoran di luar.

Tau sendiri kan, polusi, debu, dan kotoran itu bisa bikin kulit sensitif iritasi. Jadi, family time di rumah aja, sambil menenangkan kulit sensitifmu bisa jadi aktivitas self-care day yang oke!

 

5. Pakai Sleeping Mask

Di penghujung hari, tutup night skin care routine-mu dengan sleeping mask yang menenangkan dan menutrisi sepanjang malam. Buat kulit sensitif, kamu bisa coba Harlette Oatmilk Sleeping Mask yang punya oats sebagai kandungan utama.

Oats merupakan salah satu kandungan favorit buat kulit sensitif, lho. Soalnya, oats ampuh menenangkan kulit yang kemerahan karena iritasi dan meradang. Dalam sleeping mask yang dipakai semalaman, oats bisa menenangkan kulit sensitif yang lagi rewel sekaligus memberi kelembapan yang awet sampai kamu bangun tidur keesokan paginya. Kulitmu pasti happy!

 

6. Skin Care-an

Aktivitas yang satu ini nggak boleh ketinggalan, dong! Buat self-care day, Phoebe udah siapin beberapa produk skin care, selain sleeping mask di atas, yang bisa kamu cobain—pastinya yang bisa membantu merawat dan menenangkan kulit sensitif, kok!

Kamu bisa pakai Facial Toner Thayers untuk membantu menenangkan kulitmu yang suka kemerahan dan meradang. Kandungan untuk meredakan peradangan (anti-inflammatory) diberikan oleh witch hazel yang juga kaya antioksidan—efektif melawan radikal bebas dari polusi, debu, asap rokok, dan lain sebagainya. Kalau kulitmu cocok dengan pewangi alami, kamu bisa cobain varian Unscented yang bebas pewangi dan minim risiko iritasi.

Kandungan Centella Asiatica –teman baiknya kulit sensitif, memang efektif banget untuk meredakan iritasi dan peradangan, plus memberi kelembapan buat kulit. Kamu bisa cobain kandungan ini dalam Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule yang dipakai setelah toner. Habis itu, pakai Dr. Jart+ Cicapair Cream untuk pelembap, deh!

 

Walaupun terkesan ribet dan butuh banyak pengorbanan untuk merawat kulit sensitif, tanpa disadari, kamu udah cukup meluangkan waktu untuk diri sendiri loh, Phoebe’s Squad!

Mana nih aktivitas self-care dan pampering day untuk kulit sensitive yang mau kamu cobain? Selamat bikin tubuh, pikiran, dan kulit sensitifmu lebih rileks!

Every second that makes you feel better is worth spending.

Love, Phoebe

Comments

  • Posted by PaNIYQjyVeSgkG on

    vrfhanVujApXBY

  • Posted by pFXdPlBzm on

    ePUStsYW

  • Posted by bHGPNjRv on

    wuCjHRgsl

Leave a comment