Kandungan dalam Produk Skincare yang Berpotensi Menyumbat Pori

Masih banyak produk perawatan kulit di pasaran yang memiliki komposisi bahan yang mudah menyumbat pori-pori kulit. Artinya, produk tersebut berpotensi menyebabkan blackheads and whiteheads. Nah, supaya tidak keliru dalam memilih produk, kita perlu untuk memperhatikan kandungan yang beresiko menyumbat pori, terutama bagi pemilik kulit berminyak.

 

Apa itu blackheads? Blackheads adalah jenis pori-pori tersumbat yang terbuka sehingga sel kulit mati, kotoran dan minyak yang ada di dalamnya terpapar udara dan teroksidasi, sehingga membuatnya berwana hitam.

Bagaimana cara menghindarinya? Walaupun tidak ada cara yang permanen untuk menghilangkan blackheads, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan chemical exfoliation 1-2 kali dalam seminggu dan menggunakan serum yang mengandung salicylic acid atau BHA secara teratur untuk menjaga pori-pori tetap bersih. Selain itu, hindari produk dengan kandungan yang memicu timbulnya blackheads, seperti Isopropyl Myristate dan Isopropyl Palmitate.

 

Apa itu whiteheads? Whiteheads atau biasa disebut juga clogged pores/closed comedones adalah jenis komedo berwarna putih yang berisi cairan atau benjolan-benjolan kecil di bawah permukaan kulit yang tidak merah atau meradang. Sama dengan blackheads, whiteheads juga muncul karena sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Yang menjadikannya berbeda adalah besar pori-porinya. Whiteheads biasanya muncul pada pori-pori yang lebih kecil menyebabkan sel kulit mati dan minyak tersumbat di dalam dan tidak teroksidasi.

Bagaimana cara menghindarinya? Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencegah penumpukan sel kulit mati dan mengontrol jumlah produksi minyak berlebih pada wajah. Caranya lakukan ekfoliasi dengan produk yang mengandung AHA dan BHA secara rutin namun tidak berlebihan. Jika permukaan kulit sudah bebas dari penumpukan sel kulit mati, kulit akan merangsang pergantian sel baru yang bisa mendorong keluar kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori. Untuk penggunaan produk skincare harian, hindari juga pemakaian moisturizer atau facial oils yang terlalu berat, misalnya yang mengandung Mineral Oil dan Petrolatum.

 

Berikut ini adalah daftar ingredients yang sebaiknya dihindari dalam produk perawatan kulit, terutama jika kamu memiliki kulit yang berminyak, rentan jerawat dan pori-pori tersumbat:

  • Heavy oils (minyak yang memiliki tingkat comedogens yang tinggi)
  • Isopropyl Myristate dan Isopropyl Palmitate (berpotensi menyebabkan kulit kering yang akan menyumbat pori)
  • Microbeads dan Apricot Kernel Seed/Shell Powders (partikel kasar yang biasa ditemui dalam facial scrubs; dapat menyebabkan goresan-goresan kecil pada permukaan kulit yang menyebabkan penyebaran bakteri bagi kulit berjerawat)
  • Mineral Oil dan Petrolatum (memilki partikel besar yang mudah menyumbat pori)
  • SD Alcohol 40 dan Denatured Alcohol (berpotensi menyebabkan iritasi, kulit kering dan menghambat kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri)
  • Sodium atau Ammonium Laureth/Lauryl Sulfate (banyak ditemukan pada facial wash dan berpotensi menyebabkan kulit kering dan merusak lipid barrier)
  • Synthetic Dyes dan Synthetic Fragrances (berpotensi menyebabkan reaksi alergi pada pemilik kulit sensitive dan acne-prone)

 

Yuk, kita perhatikan lagi apakah kandungan tersebut terdapat dalam produk perawatan kulit kita. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *