Kulit Lebih Sehat dengan Metode Double-Masking

Meski tidak benar-benar baru, tren Korean 10-step skincare routine masih memiliki banyak peminat hingga kini. Lalu, muncul tren baru seperti Korean seven-skin method. Jika kamu adalah seorang beauty-junkie, kamu tidak akan kehabisan trik perawatan kulit baru untuk diaplikasikan dalam rutinitasmu. Lantas apa yang sedang digemari para beauty insiders sekarang? Double-masking! Terinspirasi dari tren cleansing dan hydrating yang memerlukan dua langkah atau dua produk secara bersamaan, metode masking ini jadi sangat diminati karena efektif untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat.

Penasaran bagaimana cara melakukan double-masking dengan tepat? Yuk, lanjut baca!

 

Apa itu double-masking?

Metode double-masking mengacu pada dua jenis teknik. Cara pertama adalah menggunakan dua atau lebih masker berbeda di zona-zona wajah sesuai dengan fungsi masker yang digunakan. Teknik ini dilakukan karena kulit butuh lebih dari satu perawatan dan tiap bagian wajah memiiki kebutuhan yang berbeda pula.

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah menggunakan masker yang sama di seluruh wajah ketika kulit memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Misalkan, kamu menggunakan masker yang diformulasikan untuk kulit berminyak ke seluruh wajah. Namun, kamu hanya memiliki area T-zone yang berminyak sementara daerah di bawah mata mu kering. Masker yang tidak cocok dengan kondisi kulit tersebut justru akan membuat area yang kering menjadi lebih flaky. Jika kamu memiliki kasus yang serupa dengan contoh di atas, kamu bisa menggunakan dua jenis masker yang berbeda untuk tiap bagian wajah sesuai kebutuhan. Pastikan juga bahwa masker tidak tumpang tindih satu sama lain.

 

Herbivore Blue Tansy Resurfacing Clarity Mask 29ML
Exfoliating Mask

 

Mask-layering

Lalu, bagaimana jika terdapat satu area wajah yang memiliki lebih dari satu masalah? Cara double-masking yang kedua atau bisa juga disebut mask-layering adalah solusinya. Metode ini diawali dengan pemakaian masker yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit atau membersihkan pori-pori. Eksfoliasi kulit dilakukan agar nutrisi masker yang akan digunakan setelahnya lebih cepat menyerap. Sebab, jika wajar masih tertutupi oleh sel-sel kulit mati, nutrisi dari skincare yang digunakan akan lebih susah diterima oleh kulit.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan produk masker dari Caudalie, yaitu Glycolic Peel Mask terlebih dahulu untuk eksfoliasi dan membersihkan pori-pori, kemudian setelah dibilas lanjutkan dengan Moisturizing Mask yang dapat menenangkan, melembabkan, dan membuat kulit lebih glowing. Tentu kamu tetap bisa menggunakan dua jenis masker ini secara terpisah di hari yang berlainan, namun kombinasi masker yang bersifat membersihkan dan melembabkan akan berfungsi lebih baik ketika digunakan bersamaan.

 

Picture by @adpbeauty

 

Selain itu, metode mask-layering seperti juga membantu kulit untuk mendapatkan nutrisi yang tepat sesuai yang dibutuhkan. Kadang setelah memakai masker yang bersifat detoks pada seluruh wajah, kulit malah jadi memerah atau meradang. Dengan menggunakan masker yang melembabkan setelahnya, akan membantu kulit mu kembali ke kondisi normal lebih cepat.

Meskipun terdengar mudah, ada hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan double-masking. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ingredients yang terkandung dalam masker. Jangan menggunakan masker dengan bahan-bahan yang bertentangan. Misalnya ketika menggunakan masker yang diformulasikan untuk kulit berjerawat, jangan menggunakan masker anti-aging yang mengandung minyak setelahnya, karena akan percuma. Masker yang mengandung minyak akan membuat barrier pada kulit, sehingga masker kedua yang kamu pakai tidak akan berfungsi dengan baik. Pendek kata, gunakan masker dengan formula yang berat terlebih dahulu lalu ikuti dengan masker yang ringan dan melembabkan.

Kulitmu adalah organ terakhir yang menerima nutrisi makanan, tapi kulit juga merupakan organ yang paling cepat terkena dampak buruk dari luar. Jadi sangat penting untuk memastikan kulitmu mendapat nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya dari makanan yang sehat, namun juga dengan melakukan perawatan kulit dari luar. Memakai masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kulitmu ternutrisi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *