Kulit Normal Juga Perlu Skincare, Ini Daftarnya!

Siapa pun pasti ingin punya kulit bebas jerawat, sedikit minyak, dan nggak kering alias kulit normal. Mungkin beberapa di antara kalian berpikir kalau punya kulit normal, nggak perlu pakai skincare lagi. Tapi hal ini nggak benar, ya! Mau apapun jenis kulitnya, skincare ini tetap wajib dilakukan agar kulit tetap terhidrasi.

Bagaimana kulit normal itu?

Mungkin definisi kulit normal masih sedikit rancu, ya.

Kalau kamu memiliki pori-pori yang kecil, jarang berjerawat atau berjerawat di saat tertentu (seperti saat menstruasi), dan kulitmu berminyak pada T-zone di sore hari, selamat, kamu bisa dikatakan punya kulit normal.

Umumnya, kulit normal memiliki tekstur yang lembut dan halus. Masalah kulit seperti noda merah, komedo, dan jerawat nggak akan ditemukan pada kulit wajah ini. Namun, kulit normal ini nggak selalu normal selamanya. Kadang, kulit normal bisa muncul kemerahan atau kering bahkan berminyak pada waktu tertentu.

Memilih skincare untuk kulit normal

Meski berkulit normal, bukan berarti kamu bisa bebas dari skincare. Kamu masih harus memelihara kulit normalmu agar tetap normal, glowing, dan sehat. Perawatan kulit yang tepat akan menjaga lapisan kulit terluar, mempertahankan kulit tetap terhidrasi, dan memperlambat kulit untuk mengalami tanda penuaan.

Hal yang menyenangkan dengan punya kulit normal adalah banyak skincare yang menjadi pilihan. Namun, bukan berarti kamu bebas memilih skincare karena kulitmu bisa bereaksi iritasi atau alergi pada suatu produk.

Untuk mencoba apakah produk pilihanmu cocok nggak, kamu bisa aplikasikan di sekitar lengan sebanyak dua kali sehari selama satu minggu. Kalau lenganmu menjadi kemerahan, gatal, dan sensitif, ini artinya kamu harus menjauhi produk tersebut.

Langkah merawat kulit normal

  1. Cleanser

Seperti langkah skincare routine pada umumnya, tahap pertama adalah membersihkan wajah dari makeup, debu, minyak, dan partikel-partikel yang menempel pada wajahmu. Setelah itu, gunakan pembersih wajah yang nggak membuat kulitmu iritasi, seperti pembersih muka bebas sulfat (sulfate-free) dengan busa lembut yang membantu kulitmu bebas noda.

Rekomendasi produk: Neogen Real Fresh Foam Cleanser 160gr – Cranberry

2. Toner

Sama dengan langkah pertama, gunakan toner pada pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah. Hindari toner yang mengandung SD alcohol 40, denatured alcohol, ethanol, dan isopropyl alcohol.

Rekomendasi produk: Thayers Witch hazel Aloe Vera – Alcohol Free 89ml

3. Moisturizer with SPF

Walaupun kulitmu nggak kering, kamu tetap perlu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan pelembap. Gunakan pelembap dengan kandungan dimethicone, panthenol, dan hyaluronic acid yang membantu menjaga kulitmu tetap terhidrasi tanpa menyumbat pori-pori.

4. Sunscreen

Kalau susah mendapatkan pelembap yang dilengkapi dengan SPF, kamu tetap harus menggunakan produk sunscreen, ya. Hal ini mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Gunakan sunscreen dengan SPF tinggi dan pengaplikasian yang benar. Untuk cara pemakaiannya, kamu bisa nonton di sini.

5. Antioxidant Serum

Malam hari saatnya mengistirahatkan kulit wajahmu dengan menggunakan serum yang mengandung vitamin C dan algae extract. Dua kandunganini bisa mencerahkan kulit wajah.

6. Moisturizer

Pilih produk pelembap yang memelihara kulitmu agar tetap lembap sepanjang malam.

Rekomendasi produk: Tatcha The Water Cream 5ml

7. Additional Serum

Tambahkan glycolic acid serum pada pemakaian mingguan. Glycolic acid merupakan salah satu senyawa dari alpha hydroxyl acid (AHA) yang bermanfaat mencerahkan, meratakan warna kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah tanda-tanda penuaan pada wajah.

Rekomendasi produk: The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution 240ml

Tentunya langkah-langkah di atas bisa kamu kombinasikan dengan 10 steps skincare routine asal Korea, seperti penggunaan exfoliator dan sheet mask setelah membersihkan wajah dan penggunaan eye cream sebelum moisturizer.

Punya kulit normal menjadi suatu kebanggaan sendiri, tapi jangan lupa untuk tetap rutin melakukan perawatan kulitmu. Lakukan skincare routine seperti biasanya (atau seperti di atas) agar kulitmu tetap glowing dan sehat.  Dengan rutin mengaplikasikan skincare, kamu sudah memperlambat kulit normalmu memasuki fase penuaan.

Jangan lupa share artikel ini ke temanmu yang punya kulit normal, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *