Morning Skincare Routine: Bagaimana Tahapan Pakai Skincare di Pagi Hari?

Selain menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit, untuk mendapatkan hasil terbaik dari morning skincare routine, kita juga harus menggunakan produk-produk tersebut dengan tahapan yang sesuai. Jika diaplikasikan dengan benar dan konsisten, manfaat dari produk yang kita pakai pun dapat kita rasakan secara maksimal. Selain itu, kulit akan terlindungi dari polusi, sinar UV dan pengaruh buruk dari lingkungan lainnya.

Dalam post ini, kita akan membahas tahap demi tahap dalam mengaplikasikan produk skincare untuk pagi hari.

Morning Routine /photo by @adpbeauty

 

Pertama-tama, inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam morning skincare routine:

  • Segera aplikasikan produk skincare setelah mencuci muka. Pastikan kamu menggunakan toner saat kulit masih lembab agar toner lebih mudah meresap ke dalam kulit dan bekerja secara efektif.
  • Tujuan utama dari perawatan kulit di pagi/siang hari adalah perlindungan dari sinar UV dan polusi, sedangkan pada malam hari adalah untuk memperbaiki masalah kulit dan menjaga kesehatan kulit
  • Jika kamu menggunakan makeup dan juga memakai obat jerawat di pagi hari, lebih baik pilih spot treatment yang formulanya cocok untuk dikenakan di bawah makeup. Hindari spot treatment yang menggumpal saat dilapisi dengan produk lain.
  • Pilih juga sunsreen dengan formula yang ringan dan mudah menyerap agar tidak mengganggu tampilan makeup pada siang hari.
  • Kebanyakan facial oil biasanya tidak ideal untuk dipakai di pagi hari. Selain karena tekturnya yang berat, minyak juga akan menganggu kinerja sunscreen.
  • Dan yang terpenting adalah selalu pilih produk skincare yang cocok untuk jenis kulitmu.

 

Produk skincare yang digunakan pada pagi hari tidak bisa disamakan dengan yang digunakan pada malam hari. Hal ini disebabkan karena kondisi kulit yang berbeda. Inilah yang terjadi pada kulitmu di pagi/siang hari:

  • Kadar air dalam sel-sel kulit berada pada titik tertinggi
  • Fungsi protective barrier kulit akan meningkat untuk memberi perlindungan terhadap pengaruh buruk dari luar
  • Proses penyerapan produk skincare akan menjadi kurang efektif dibandingkan pada malam hari
  • Perlindungan anti-oksidan alami pada kulit meningkat
  • Energi mitokondria yang dibutuhkan untuk kesehatan sel kulit berada pada titik terendah dibandingkan pada malam hari
  • Pertumbuhan dan produksi sel berkurang

 

Nah, jika sudah melihat kondisi kulit saat pagi hari tersebut. Kita dapat menyesuaikan produk apa saja yang cocok dipakai. Berikut ini, tahapan-tahapan yang bisa kamu coba dalam mengaplikasikan produk skincare di pagi hari.

 

Step 1: Cuci Muka Pakai Cleanser

Walaupun beberapa orang merasa kondisi kulitnya lebih baik hanya water washing di pagi hari. Menurut ku, mencuci muka dengan cleanser adalah tahapan yang penting dalam morning routine, meskipun wajah telah dibersihkan secara menyeluruh pada malam hari. Terutama jika kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak atau berkeringat saat tidur.

Agar produk yang kita pakai dapat bekerja secara maksimal, kita harus memiliki “kanvas” yang benar-benar bersih, dan itu hanya bisa didapatkan dari mencuci muka. Cleanser akan membersihkan sebum/oil yang disekresikan kulit saat tidur. Selain itu, cleanser juga akan membersihkan skincare yang masih tersisa dari malam hari yang mungkin mengandung ingredients yang tidak sesuai untuk pemakaian siang, seperti exfoliating acids dan retinol. Lalu, jika kamu terbiasa memakai handcream atau lotion sebelum tidur, kandungan minyak yang terdapat pada krim tersebut mungkin saja berpindah ke wajah kita saat tidur. Minyak, kotoran, dan sisa skincare inilah yang harus dibersihkan dari kulit pada pagi hari untuk menghindari reaksi buruk atau iritasi.

Jadi untuk pagi hari, aku merekomendasikan untuk memakai cleanser yang lembut dan bebas sulfat. Cleanser jenis ini akan mengangkat minyak dan kotoran tanpa efek ketarik atau kering.

Recommended cleanser: Sensatia Botanicals – Original Soapless Gentle Cleanser

Sensatia Botanicals Original Soapless Gentle Cleanser /photo by @adpbeauty

Sekarang, mari lanjut ke langkah selanjutnya!

 

Step 2: Gunakan Toner 

Penggunaan toner terkadang diabaikan karena dinilai tidak terlalu terlihat khasiatnya. Padahal, pemakaian toner secara rutin, lebih baik jika tanpa kandungan alkohol, akan memberikan banyak manfaat untuk kulit, diantaranya:

  • Mengikat kelembapan pada lapisan teratas kulit setelah mencuci muka
  • Membantu mengurangi kontaminan dari air, seperti klorin, tembus ke dalam kulit
  • Menyeimbangkan PH kulit lebih cepat
  • Mempersiapkan kulit untuk menyerap skincare yang dipakai setelahnya
  • Menjaga skin barrier tetap sehat

Kamu bisa mengaplikasikan toner dengan kapas tipis atau langsung menepuk-nepuknya dengan tangan ke seluruh wajah. Dan jangan tunggu sampai benar-benar kering, langsung lanjut ke tahap berikutnya.

Recommended toner: Thayers – Alcohol Free Rose Petal Witch Hazel Toner

Thayers – Alcohol Free Rose Petal Witch Hazel Toner /photo by @adpbeauty

 

Step 3: Gunakan Serum Antioksidan yang Mengandung Vitamin C

Tahap selanjutnya dalam morning skincare routine adalah menggunakan serum antioksidan. Banyak ahli kulit setuju bahwa menggunakan serum vitamin C yang diformulasikan dengan baik adalah cara paling efektif untuk melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi.

Saat menggunakan serum vitamin C, ratakan ke seluruh wajah dan leher saat kondisi kulit masih lembab dari penggunaan toner. Hal ini dilakukan agar serum mudah dibaurkan, lebih merata dan terserap dengan baik. Kemudian, biarkan serum menyerap selama kurang lebih 60 detik sebelum mengaplikasikan moisturizer.

 

Apa jenis serum vitamin C yang bagus?

Terkadang kita bingung saat memilih serum vitamin C, karena banyak formulasi yang berbeda-beda di pasaran. L-Ascorbic acid adalah jenis vitamin C yang bersifat water-soluble dan bio-available, sehingga jenis ini memiliki kinerja yang kuat dan mudah diserap oleh kulit. Meski begitu, L-Ascorbic acid sangat tidak stabil dan mudah teroksidasi karena udara dan suhu. Oksidasi akan menyebabkan serum vitamin C berubah tekstur dan warna menjadi kekuningan saat terpapar sinar matahari. L-Ascorbic acid, yang merupakan bentuk vitamin C murni, juga cenderung mengiritasi pemilik kulit sensitif.

Selain itu banyak jenis vitamin C lainnya, seperti sodium ascorbyl phosphate, yang cukup stabil dibandingkan ascorbic acid. Ini berarti jenis ini tidak mudah teroksidasi dan lebih cocok untuk kulit sensitif. Lalu, ada juga ascorbyl tetraisopalmitate yang sifatnya oil-soluble, sehingga akan bertahan lebih lama di lapisan epidermis untuk memberikan perlindungan pada kulit. Jadi pilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit mu, ya.

Recommended vitamin C serum: Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate

Kiehl’s Powerful-Strength Line-Reducing Concentrate /photo by @adpbeauty

 

Step 4: Gunakan Sunscreen

Tahapan yang paling penting dalam morning routine adalah menggunakan suncreen. Namun, kadang masih ada yang bingung apakah harus menggunakan moisturizer juga? Sunscreen atau moisturizer dulu?

Kebanyakan sunscreen diformulasikan dengan ingredients yang jenisnya sama dengan moisturizer. Sunscreen dan moisturizer sama-sama menggunakan emolien, oklusif dan humektan. Inilah yang membuat konsistensi sunscreen terasa seperti moisturizer saat diaplikasikan ke kulit. Jadi, selama kamu menggunakan sunscreen yang dapat memberikan kelembapan yang kamu butuhkan, kamu bisa memakai sunscreen sebagai pengganti daytime moisturizer.

Namun, jika kulit mu butuh kelembapan ekstra. Kamu bisa menggunakan pelembab lagi dengan tekstur yang ringan, biarkan meresap, lalu gunakan sunscreen. Pelembab wajah yang tebal dapat menjadi penghalang antara kulit dan SPF yang bertujuan untuk melindungi kulit. Selain itu, krim dan minyak yang terkandung di dalamnya akan mengubah kinerja suncreen menjadi tidak maksimal.

Recommended suncreeen: Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen /photo by @adpbeauty

 

Langkah 5: Aplikasikan krim mata 

Beberapa krim mata memiliki tekstur yang greasy. Dan kalau kamu menggunakan makeup, krim mata yang tidak terserap dengan baik dapat merusak riasan mata dan menyebabkan maskara di bagian bawah mata lluntur. Maka, pilihah eye cream dengan tektur ringan, seperti gel, untuk digunakan pada pagi hari.

Recommended morning eye cream: La Roche-Posay Toleraiane Ultra Eye Contour

La Roche-Posay Toleraiane Ultra Eye Contour /photo by @adpbeauty

 

Langkah 6: Gunakan spot treatment untuk jerawat (jika perlu)

Aku pribadi kurang suka menggunakan obat jerawat di pagi hari. Tapi jika kamu merasa perlu untuk mengaplikasikannya di pagi hari, pastikan obat jerawat tidak menyebar/bercampur dengan pelembab atau sunscreen agar efektivitasnya tidak berkurang. Begini tricknya:

  • Ambil kapas atau cottonbud yang sudah dibasahi, lalu usap area yang berjerawat untuk menghapus skincare yang telah diaplikasikan
  • Pakai spot treatment pada area yang berjerawat dan biarkan kering
  • Setelah kering, aplikasikan kembali sunscreen pada area yang berjerawat dengan ditepuk pelan-pelan (jangan diusap)
  • Lanjutkan dengan penggunaan concealer, kalau ingin menggunakan makeup

 

Demikianlah basic steps untuk morning skincare routine yang sempurna! Kalau kamu, punya rutinitas kecantikan khusus nggak di pagi hari?

Kamu juga bisa membaca review dari setiap produk yang disebutkan di atas dengan click gambar produk tersebut atau kunjungi @adpbeauty di Instagram. See ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *