Pentingnya Cuci Brush Makeup untuk Kesehatan Kulit Wajah

Brush makeup atau kuas makeup menjadi alat yang sering menyentuh kulit wajahmu. Bulu-bulu halus pada kuas dapat membantu menyempurnakan tampilan makeup. Meski mempercantik penampilan, kuas makeup juga dapat merusak kulitmu kalau kamu nggak rajin membersihkannya, lho!

Saat menyapukan kuas pada permukaan kulit wajah, tanpa disadari pertikel seperti minyak, sel kulit mati, debu, dan bakteri menempel pada kuas makeup. Partikel ini akan kembali ke wajahmu saat kamu menggunakan kuas keesokan harinya.

Kalau kamu membiarkan kuas dalam kondisi seperti itu, jerawat bisa saja muncul di kulit wajahmu. Selain muncul jerawat, kuas yang nggak dicuci juga bisa membuat kulit iritasi dan kemerahan.

Nggak hanya merugikan kesehatan kulit wajahmu, kuas ini juga bisa merusak produk makeup terutama foundation dan concealer, karena bakteri akan mengendap di dalam produk tersebut.

Rekomendasi Produk: Real Techniques Everyday Essentials Set

Seberapa sering harus mencuci brush makeup?

Sebenarnya nggak ada aturan waktu untuk membersihkan kuas makeup. Menurut beberapa ahli dermatologis, setidaknya kuas dicuci seminggu sekali atau dua minggu sekali, terutama kuas yang digunakan untuk area mata.

Untuk mencucinya, kamu butuh makeup brush cleaner atau bisa menggunakan baby shampoo dan sabun anti bakteri. Semakin sering kamu membersihkan akan semakin baik dan membuat kualitas kuas tahan lebih lama. Tentunya, hal ini harus diimbangi dengan cara mencuci kuas yang benar, ya.

Cara mencuci brush makeup

Untuk mencuci bersih kuas makeup, kamu perlu menyiapkan:

Air bersih, cairan pembersih untuk kuas bisa dengan shampoo baby atau sabun anti bakteri, dan pembersih kuas seperti egg brush.

Rekomendasi produk: Jacquelle Brush Egg

Pertama, basahkan kuas dengan air yang mengalir. Jangan rendam kuas dalam wadah. Lalu tuangkan sabun pada kuas yang diletakan di atas egg brush dan putar kuas searah arah jam. Tekan dan pijat bulu kuas dengan halus.

Terakhir, keringkan kuas dengan tisu atau kain dan letakan kuas dengan posisi tidur.

Biar nggak salah mencuci berush, kamu bisa klik video berikut cara mencuci brush yang benar.

Mencuci kuas ini juga berlaku untuk kuas makeup yang baru dibeli, ya. Walaupun terbungkus rapi dalam kotak packaging, belum tentu kuas tersebut bersih. Jadi, jangan lupa cuci kuas makeup barumu begitu sampai di rumah.

Read more:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *